Koran Jakarta | June 27 2019
No Comments

Tina Astari Bikin Film Biopic Tokoh Sultan Hamid II

Tina Astari Bikin Film Biopic Tokoh Sultan Hamid II

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

Setelah menikah dan dikaruniai dua anak, aktris Aktivitas Tina Astari di ranah hiburan memang tak seaktif masa sebelum menikah. Ter­nyata, belakangan ini ia punya rencana untuk berada di belakang layar, dengan menjadi produser dan membuat satu film bergenre Biopik. "Ada rencana aku tahun ini mau di belakang layar, jadi produser untuk satu film bergenre biopik. Doakan lancar ya," ujar Tina, saat ditemui di Kuningan, Jakarta Selatan, baru-baru ini.

Artis yang aktif di dunia hiburan sejak membin­tangi sinetron "Darah Gu­dang" (2002) ini membocorkan film yang akan dibuatnya itu mengangkat ki­sah salah satu sosok pendiri bangsa, yakni Sultan Hamid II dari Pontianak. Yang ingin dikisahkan di film itu, salah satunya adalah cerita dibalik lahirnya lambang Garuda sebagai lambang negara yang lahir dari imajinasi Sultan Hamid II. "Jadi ini kisah Sultan Hamid II, yang menciptakan lambang nega­ra kita, nggak banyak orang yang tahu, makanya bagus dijadikan film biopik," papar Tina.

Tina mengatakan meski orang tahu lambang Garuda sebagai lambang negara, namun tak banyak yang tahu siapa pembuatnya. "Ini kan penge­tahuan sejarah kita ya. Perlu diketahui oleh anak-anak sekarang. Jangankan anak, orang dewasa aja banyak yang lupa siapa pembuat lambang negara. Makanya aku sama suami aku yang kebetulan orang Kalimantan Barat, ingin mengangkat kisah beliau. Supaya orang sekarang tahu siapa sosok dibalik lambang negara kita," jelas Tina.

Untungnya, untuk mencari tahu se­perti apa kisah hidup sang sultan, Tina mendapat dukungan penuh oleh pihak keluarga kerajaan di Kalimantan Barat. Tina pun sudah mulai mencari tahu so­sok Sultan Hamid untuk menam­bah wawasannya untuk film tersebut. "Kalau dari kerajaan sangat mendukung. Aku juga mencari tahu sosok beliau, aku buka banyak literatur. Ternyata, beliau sosok lelaki yang tampan dan flamboyan se­masa hidupnya. Oh ternyata beliau ganteng ya. Sosoknya flamboyan lagi," beber Tina.

Sejauh ini, Tina masih terus melaku­kan persiapan untuk filmnya itu. Soal siapa yang bakal memerankan tokoh Sultan Hamid II, Tina masih me­lakukan penelitian dan belum me­nemukan sosok yang tepat. "Kalau siapa pemainnya belum ya saat ini. Ada beberapa nama yang sudah diperkirakan. Termasuk juga sutradara masih kita cari. Sekarang lagi pengem­bangan naskah dulu. Insha Allah tahun ini sudah mulai syuting setelah Pilpres," tukas Tina Astari. yzd/S-1

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment