Tim Putra Lolos ke Semifinal | Koran Jakarta
Koran Jakarta | February 20 2020
No Comments
BATC 2020

Tim Putra Lolos ke Semifinal

Tim Putra Lolos ke Semifinal

Foto : ANTARA/ADITYA PRADANA PUTRA
A   A   A   Pengaturan Font

Tim Putra lolos ke semifinal usai mengalahkan tuan rumah Filipina 3-0, sedangkan tim putri tersingkir setelah dikalahkan Jepang.

MANILA – Tunggal putra Jonatan Christie menjadi penentu kemenangan Indonesia 3-0 atas tuan rumah Filipina dalam pertandingan perempat final kejuaraan bulutangkis beregu Asia 2020 (BATC) yang digelar di Rizal Memorial Coliseum, Jumat (14/2).

Kemenangan tersebut memastikan tim putra Indonesia melaju ke babak semifinal. Tampil di laga ketiga, Jonatan menang 21-11 dan 21-14 atas wakil Filipina, Lanz Ralf Zafra. Sebelumnya Anthony menang atas Ros Leonard Pedrosa, dengan skor 21-10, 21-16 dan di laga kedua Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan mengalahkan Peter Gabriel Magnaye/Alvin Morada dengan skor 21-16, 21-12.

Kemenangan Indonesia diraih dengan mudah, ketika Anthony Sinisuka Ginting, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, dan Jonatan Christie menaklukkan lawan masing-masing dalam waktu kurang dari 30 menit.

Lawan hari ini levelnya masih di bawah Anthony. Meskipun demikian, Anthony mengatakan bahwa bukan berarti ia bisa santai di lapangan. Pertandingan hari ini dimanfaatkannya untuk memaksimalkan penampilannya untuk babak selanjutnya jika tim Indonesia lolos ke semifinal. “Pertandingan tadi saya manfaatkan untuk memantapkan permainan.

Saya tidak mau main-main juga, harus tetap waspada karena tidak ada yang tahu apa yang bisa terjadi,” kata Anthony di laman resmi PBSI, badmintonindonesia.org.

Sementara Hendra/Ahsan mengatakan bahwa dari awal mereka tak membiarkan lawan untuk mengembangkan permainan. “Awalnya lumayan juga, bolanya kencang, jadi kami harus main dengan menekan lawan.

Kalau lawan berkembang dan bisa mengembalikan malah buat susah kami sendiri nanti,” kata Ahsan setelah pertandingan. “Ini pertandingan pertama kami di turnamen ini, jadi kami masih menyesuaikan diri dengan kondisi lapangan. Terutama shuttlecock-nya karena shuttlecock yang dipakai kencang, jadi harus bisa kontrol, harus mencoba pola kami dulu,” ujar Hendra.

Dua nomor lainnya tidak dipertandingkan yaitu antara pasangan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto menghadapi Philip Joper Escueta/Paul John Pantig serta Shesar Hiren Rhustavito lawan Solomon Jr. Padiz.

Pasangan Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo sengaja diistirahatkan. Sukses itu juga memastikan Indonesia lolos ke Piala Thomas 2020 di Denmark, mengikuti Denmark, Tiongkok (juara bertahan), dan Aljazair (Afrika) yang telah lebih dulu dipastikan lolos ke kejuaraan bulutangkis beregu paling bergengsi tersebut.

Di babak semifinal, Indonesia selanjutnya akan bertemu pemenang duel Thailand vs India. Berstatus unggulan pertama, mereka berkesempatan besar mempertahankan gelar sekaligus mempertegas dominasi di ajang tersebut. Putra Indonesia selalu menjadi juara dari dua penyelenggaraan Kejuaraan Bulu Tangkis Beregu Asia. Putri Tersingkir Sukses tim putra tidak diikuti tim putri, yang harus terhenti di babak perempat final setelah dikalahkan Jepang dengan skor 0-3 di Manila.

Di partai pertama, Gregoria Mariska Tunjung takluk dari Akane Yamaguchi 9-21, 15-21. Ganda putri Greysia Polii/Apriyani Rahayu juga tak dapat menahan laju pasangan rangking tiga dunia, Yuki Fukushima/Sayaka Hirota, 19-21, 15-21. Ruselli Hartawan yang turun di partai ketiga, juga harus mengakui keunggulan Sayaka Takahashi dalam dua game langsung dengan skor 13-21, 14-21.

“Sebetulnya saya tidak merasa terbebani saat tim ketinggalan 0-2, karena saya mau fokus pada permainan saya sendiri. Saya minta maaf belum bisa menyumbang angka untuk tim,” ujar Ruselli, seperti dikutip lama PBSI. Dua laga lainnya, Siti Fadia Silva Ramadhanti/Ribka Sugiarto vs Nami Matsuyama/Chiharu dan Putri Kusuma Wardani vs Riko Gunji tidak dimainkan. S-1

Klik untuk print artikel
No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment