Koran Jakarta | May 21 2019
No Comments
Seleksi Cawagub l Anies: Tidak Ada Kriteria Khusus Cawagub yang Diajukan ke Dewan

Tiga Cawagub Dikonsultasikan

Tiga Cawagub Dikonsultasikan

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

Gubernur DKI memastikan, setiap nama yang diusulkan akan segera diproses untuk diajukan ke DPRD DKI Jakarta.

JAKARTA - Pimpinan partai pengusung Gubernur DKI Jakarta dan Wakil Gubernur DKI Jakarta saat Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2017, PKS dan Gerindra, bakal menemui Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, di Balai Kota, Senin (18/2). Mereka sepakat untuk membahas nama calon wakil gubernur (cawagub) untuk mendampingi Anies ke depannya.

“Kemarin (Sabtu, 16 Februari), jadi (ada pertemuan pimpinan PKS dan Gerindra). Senin (Hari ini), rencananya mau ada silaturahim dengan Gubernur dulu,” ujar Kepala Bidang Humas DPW PKS DKI Jakarta, Zakaria Maulana Alif, saat dihubungi Koran Jakarta, Minggu (17/2).

Menurutnya, nama cawagub yang akan dikonsultasikan dengan Gubernur DKI Jakarta adalah orang-orang yang mengikuti fit and proper test (FPT). Mereka adalah Sekretaris DPW PKS DKI Jakarta, Agung Yulianto. Lalu Mantan Wakil Wali Kota Bekasi, Ahmad Syaikhu, dan Ketua fraksi PKS DPRD DKI Jakarta, Abdurrahman Suhaimi.

“Kemudian beberapa hari kemudian ada pertemuan antar DPP (PKS dan Gerindra) dengan mengundang DPW-DPW dan sepertinya akan diputuskan nama-nama yang akan diajukan ke Gubernur,” kata Calon anggota DPRD DKI Jakarta daerah pemilihan Jakarta Pusat nomor urut 7 ini.

Hingga saat ini, ungkapnya, PKS dan Gerindra belum memutuskan untuk mengajukan dua nama cawagub hasil FPT. Keputusan dua nama cawagub itu akan diserahkan kepada masing-masing pimpinan partai di tingkat pusat untuk kemudian diajukan ke Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

“Tetap tiga nama yang akan dikonsultasikan ke DPP, setelah itu baru akan diputuskan dua nama. (respons Gerindra juga) sama. (Rekomendasi FPT) dibahas juga. Tapi, tetap kan keputusan ada di para pimpinan partai, baik di level DPW/ DPD dengan berkonsultasi ke DPP masing-masing,” ungkapnya.

Konsultasi Gubernur

Senada dengannya, Ketua DPD Gerindra DKI Jakarta M Taufik mengatakan, kedua partai pengusung itu perlu menemui gubernur DKI Jakarta terlebih dahulu sebelum memutuskan cawagub mana yang layak untuk diajukan.

DPD Gerindra DKI Jakarta dan DPW PKS DKI Jakarta akan segera menemui Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Partai akan berkonsultasi mekanisme pemilihan calon wakil gubernur.

“Senin (18/2), bertemu. Perlu diskusi menentukan langkah-langkah ke depan. Iya kita konsultasi ke gubernur dulu. Senin kan. Ke DPP sambil jalan,” katanya.

Dikatakan Taufik, setiap Cawagub yang mengikuti FPT memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Untuk itu, setiap catatan dan rekomendasi Tim panelis FPT akan dikonsultasikan terlebih dahulu kepada pimpinan DPP untuk diputuskan.

“Semua orang pasti ada catatan, mana ada yang sempurna. Pak Sandi saja ada catatan. Catatannya mundur gitu haha,” imbuhnya.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menyerahkan sepenuhnya pemilihan nama cawagub DKI Jakarta kepada partai pengusung. Dia memastikan, setiap nama yang diusulkan akan segera diproses untuk diajukan ke DPRD DKI Jakarta agar dibahas dalam sidang paripurna.

“Kita tunggu saja, saya menunggu dari partai pengusung untuk bisa kita memunculkan nama. Begitu diterima, langsung diproses. Tidak ada kriteria khusus, sudah berbulan-bulan lalu saya bilang demikian,” tegasnya.  pin/P-5

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment