Koran Jakarta | May 21 2019
No Comments

Teknologi Mutakhir Mobil Premium

Teknologi Mutakhir Mobil Premium

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

Pameran Geneva International Motor Show (GIMS) selalu menjadi ajang otomotif paling bergensi di dunia. Pameran untuk ke-89 kalinya pada 2019 ini menghadirkan sederetan mobil papan atas dan teknologi terkini.

Pada pameran antara 7-17 Maret 2019 ini hadir sederetan mobil baru dan konsep terdepan saat ini. Sebut saja Ferrari F8 Tributo, Honda E Prototype, VW Beach Buggy, VW Touareg V8 TDI, Koenigsegg, Audi Q4 e-tron, Peugeot 508 Peugeot Sport Engineered, Pininfarina Battista, Seat el- Born, Bentley Bentayga Speed, Piëch Mark Zero, Polestar 2, Aston Martin Project 003, Hispano Suiza, dan Bugatti.

Yang menarik dari GIMS 2019 adalah lahirnya mobil paling mahal di dunia dari Bugatti yang disebut dengan La Voiture Noir dalam bahasa Perancis yang artinya “mobil hitam.” Harganya mencapai 19 juta dolar AS atau sekitar 272 miliar rupiah.

“Mobil ini satu dari satu. Tidak akan nada yang lainnya,” ujar Kepala Eksekutif Bugatti, Stephan Winkelmann seperti dikutip oleh New York Times Rabu.

Mobil dalam ketergori hypercar ini berbasis mobil lama yaitu Bugatti Chiron. Model ini dibuat untuk mengenang mobil klasik Bugatti bernama Bugatti 57SC Atlantic, yang dalam sejarahnya hanya diproduksi sebanyak 710 unit pada 70 tahun silam.

La Voiture Noir bukan hanya mahal, eksklusif, dan indah namun juga garang. Dapur pacunya berupa mesin dengan kapasitas 8.000 cc, 16-silinder. Mesin besar ini sanggup melontarkan tenaga sebesar 1.479 tenaga kuda dengan torsi 1.600 Nm.

Disamping melahirkan mobil termahal GIMS 2019 juga memamerkan mobil yang bisa terbang Pal-V. Mobil yang menggunakan mesin hibrida tersebut, memiliki sayap aktif alias baling-baling di atasnya.

Mobil Pal-V Liberty Pioneer yang pada harga 500.000 euro, sekitar 8,04 miliar rupiah ini, pada bagian belakangnya terdapat ruder, elevator, dan baling-baling pendorong. Bersama dengan baling-baling ruder dan elevator-nya bisa dilipat saat tidak terpakai.

Ketinggian terbang Pal-V Liberty Pioneer jelajah mobil ini mencapai 3.500 meter, dengan kecepatan mencapai 160 kilometer per jam. Konsumen yang memesan mobil ini akan mendapatkannya di tahun depan.

Pal-V mengumumkan bahwa Liberty Pioneer edisi pertama akan dikirimkan ke konsumen pada tahun depan. Sayangnya sesuai denagn regulasi engemudi mobil itu harus memiliki lisensi pilot untuk mengoperasikan mobil terbang ini.

Yang menarik pada ajang GIMS 2019 lainnya adalah hadirnya dari perusahaan Italia Pininfarina. Perusahaan ini mengenalkan mobil hipercar adalannya Battista. Apa kelebihannya? Battista merupakan hypercar listrik pertama di dunia.

Battista memiliki karakter ultra ringan dan ultra cepat berkat berkat aerodinamika yang baik sehingga mampu menerbos hambatan angin dengan baik. “Saat ini bukan masanya meluncurkan mobil dengan mesin bakar. Anda harus memulainya pada abad 21 saat ini,” ujar CEO Pininfarina CEO Michael Perschke,” seperti dikutip oleh Green Car Reports.

Mobil sport listrik menggunakan mesin berkekuatan 1.900 tenaga kuda yang dapat melaju dari psisisi diam hingga 100 kilometer per jam dalam waktu kurang dari dua detik. Pininfarina hanya akan memproduksi Battista sebanyak 150 unit, dengan harga yang tergolong mahal yaitu 2 juta euro atau sekitar 32,1 miliar rupiah.

Sementara Kia memperkenalkan mobil listrik konsep Kia Imagine. Mobil dengan grill depan hidung macan ini, menggunakan kamera pada kedua pintu kandan dan kiri sebagai penganti spion.

Mobil ini memilih suicidedoors, seperti pada mobil jaman dulu. Artinya engsel pintunya berada di belakang sehingga untuk membukanya bertolak belakang dengan pintu yang ada pada umumnya.

Kia tidak hanya menjadikan mobil ini sebagai pajangan, atau sekedar untuk mengangkat merek pabrikan Korea ini. “Kami mempersiapkannya untuk diproduksi massal,” kata Chief Design Director Hyundai Motors Group, Luc Donckerwolke. hay/E-6

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment