Koran Jakarta | December 17 2018
No Comments
PORTOFOLIO

Tekanan Rupiah Harus Cepat Diatasi

Tekanan Rupiah Harus Cepat Diatasi

Foto : ISTIMEWA
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - Pelemahan rupiah terhadap dollar AS dipe­ngaruhi oleh beberapa faktor, yakni unsur luar negeri juga, ada faktor fundamental dan psikologis.

“Tapi yakinlah, kalau ekonomi kita kuat, penanganannya tepat sasaran dan cepat, kita tidak akan seperti sekarang,” kata CEO MNC Group, Hary Tanoesoedibjo, kemarin.

Menurutnya, psikologi pasar harus ditenangkan dengan solusi konkret yang bisa meyakinkan pasar. Di sisi lain, harus ada langkah-langkah jangka pendek, menengah, dan pan­jang. Solusi jangka pendek melalui konversi eksportir untuk membawa pulang hasil ekspor dan mengkonversinya dalam rupiah sebesar persentase dari konten lokal produk yang di­ekspor. Kemudian, meningkatkan investasi portofolio. “Kita bisa bentuk tim khusus yang memahami permasalahan ekonomi, dunia usaha, industri untuk kantong-kantong ke­uangan dunia melalui roadshow, seperti ke Asia, Eropa dan AS, supaya mereka mau investasi ke Indonesia. Itu yang bisa cepat minggu depan kalau perlu berangkat,” tuturnya.

Sementara itu, untuk jangka menengah, devisa harus kuat. Untuk itu ekspor harus naik dan impor harus diku­rangi. Selain itu, mendorong investasi langsung (foreign direct investment/FDI) dari luar negeri di zona ekonomi khusus. Adapun saat perang dagang antara Tiongkok dan Amerika Serikat sedang berlangsung, Indonesia bisa men­dekati perusahan-perusahaan yang berada di Tiongkok un­tuk investasi di Indonesia. yni/AR-2

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment