Koran Jakarta | April 29 2017
No Comments
DISKONTO

Taspen Kembangkan Layanan Berbasis Teknologi

Taspen Kembangkan Layanan Berbasis Teknologi

Foto : ISTIMEWA
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – Para Aparatur Sipil Negara (ASN) seharusnya tidak takut memasuki masa pensiun asalkan mereka telah mempersiapkan masa tersebut dengan baik, terutama dari sisi pengelolaan keuangan.

“Semua ASN akan memasuki masa tersebut, tetapi dengan adanya program yang disiapkan pemerintah yang dikelola Taspen, maka mereka akan mendapatkan beberapa manfaat,” kata Direktur Utama PT Taspen (Persero), Iqbal Latanro dalam sambutannya saat penandatanganan nota kesepahaman dengan Mahkamah Agung (MA) tentang sinergi layanan berbasis elektronik di Jakarta, Senin (20/3).

Menurut Iqbal, manfaat yang diperoleh ASN antara lain dana pensiun, Tabungan Hari Tua (THT), Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM).

Di depan jajaran pimpinan MA dan hakim agung, dia mengatakan pihaknya ke depan akan terus mengembangkan inovasi layanan berbasis teknologi, sehingga para peserta pensiunan lebih mudah mendapatkan manfaat. Peserta tidak harus menghabiskan waktu panjang dengan berbagai kelengkapan dokumen, tetapi dengan layanan berbasis teknologi data-data mereka otomatis sudah terinput ke sistem yang sudah disiapkan Taspen.

“Mereka tinggal rajin mencetak buku tabungan bank untuk otentifikasi dan pengkinian data,” kata Iqbal. Dia mengakui, di MA ada delapan hakim agung yang sebelumnya pensiunan dari hakim tinggi mengalami kekurangan pembayaran dana pensiun karena tidak mengajukan surat penghentian pendapatan saat beralih dari hakim tinggi ke hakim agung.

“Seharusnya mereka mengajukan pensiun dini saat terpilih jadi hakim agung, sehingga dianggap pensiun sebagai pegawai negeri sipil (PNS) dan manfaat pensiunnya dibayarkan,” kata Iqbal. 

 

bud/E-10

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment