Koran Jakarta | October 20 2018
No Comments
Festival Pesona Lokal Bandung

Tampilkan Ragam Budaya Khas Jawa Barat

Tampilkan Ragam Budaya Khas Jawa Barat

Foto : dok. Festival Pesona Lokal Bandung
A   A   A   Pengaturan Font

Festival Pesona Lokal (FPL) yang digelar di halaman Gedung Sate, Bandung, Jawa Barat (Jabar), pekan lalu, bertujuan mempromosikan dan mendukung potensi budaya serta kearifan lokal Jabar.

 

Beragam kebudayaan Tanah Air hadir menyemarakkan hajatan FPL yang merupakan program CSR Adira Finance dan Kementerian Pariwisata. Acara FPL dimulai dengan acara parade Karnaval Budaya yang menampilkan berbagai kearifan lokal mulai dari parade pakaian adat dan musik tradisional hingga seni pertunjukkan khas budaya Jabar seperti Sisingaan, Kuda Renggong dan lain-lain.

Dirut Adira Finance, Hafid Hadeli mengatakan, FPL akan diselenggarakan di Bandung, Solo, Bali, Makassar, Medan, Pontianak, Malang, Palembang, dan Jakarta mulai September hingga November 2018.

“Acara dimaksudkan untuk mempersembahkan kepada Indonesia dan mempromosikan lokasi-lokasi wisata di Indonesia. Bandung adalah tempat yang iconic di Jabar makanya untuk penyelenggaraan pertama ini kami pilih Bandung,” ujar Hafid.

Di FPL Bandung, para pengunjung disuguhkan pasar rakyat yang dimeriahkan booth-booth sponsor. Sebanyak 16 UMKM terpilih dengan berbagai produk kuliner sampai kerajinan khas Jabar yang inovatif dan kreatif, serta pilihan makanan dari delapan food truck.

“Kami sangat berterima kasih kepada masyarakat Jabar khususnya Kota Bandung atas sambutan hangat dan partisipasinya pada kegiatan ini. Semoga kegembiraan dan keseruan yang ditunjukan masyarakat Bandung juga terjadi di kota-kota selanjutnya, tidak lupa kami juga mengucapkan terima kasih kepada pemda setempat dan para sponsor yang telah membantu terselenggaranya kegiatan FPL dengan baik, aman dan tertib,” ujar Hafid.

Selain itu, kegiatan FPL Bandung juga dimeriahkan penampilan artis ibu kota Zaskia Gotik dan sejumlah artis lokal. Penghargaan kepada Kota Paling Mempesona juga akan diberikan kepada kota yang paling baik menampilkan pesona lokal daerah serta partisipasi masyarakat dan penyelenggaraan kegiatan FPL di kota tersebut.

FPL didukung oleh berbagai pihak diantaranya sponsor utama, PT. Asuransi Adira Dinamika dan sponsor lainnya seperti PT Coca Cola Amatil Indonesia, PT Astra Honda Motor, PT SMARTFREN Telecom Tbk, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing, PT Triangle Motorindo (VIAR), PT Asuransi Sinar Mas, Asuransi Raksa Pratikara, Unilever-Wall’s, PT Massindo Internasional, PT Suzuki Indomobil Sales, PT Mayora Indah Tbk, PT Artajasa Pembayaran Elektronis, dan PT Asuransi Jiwa Manulife.

Seluruh peserta akan mendapatkan perlindungan kecelakaan diri dari Adira Insurance selama acara berlangsung serta mendapatkan produk Frestea, Ades, sachet Torabika Kopi Susu, sachet Expreso, sachet Beng-beng Drink, Energen dan eskrim Wall’s serta staterpack SMARTFREN secara gratis.

“Semoga kegiatan FPL Bandung ini dapat menjadi acara tahunan yang ikonik di Jawa Barat yang dapat menarik wisatawan baik domestik maupun mancanegara, kami harap acara ini berkesan baik bagi pengunjung maupun seluruh peserta yang ikut meramaikan. Dengan adanya FPL diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat akan potensi daerahnya dan juga berperan aktif untuk mempromosikannya,” tutup Hafid.

 

Lomba Mural dan Kreasi Masakan

Selain Karnaval Budaya, juga ada Lomba Mural dengan tema Pesona Kotaku dan Lomba Kreasi Masakan Khas Daerah dengan tema “Seblak” juga meramaikan FPL Bandung.

“Kami memberikan penghargaan bagi tiga UMKM terbaik berupa uang tunai jutaan rupiah,” ujar Suandajani Gunadi, Direktur Human Capital Adira Finance.

Ia menjelaskan dalam acara FPL Bandung para pengunjung juga disuguhkan pasar rakyat dari sponsor dan belasan UMKM. “Ada juga pilihan makanan bagi pangunjung dari beragam food truck,” imbuhnya.

Hadiah total senilai ratusan juta rupiah untuk para pemenang lomba di ajang FPL. Pemenang Lomba Karnaval Budaya mendapatkan: juara 1 Rp. 15.000.000,-, juara 2 Rp. 10.000.000,- dan juara 3 Rp. 6.000.000,-.

Sedangkan, Pemenang Lomba Mural mendapatkan juara 1 uang tunai Rp. 10.000.000.-, juara 2 Rp. 7.000.000,- dan juara 3 Rp. 5.000.000,-. Sementara untuk Lomba Kreasi masakan menerima uang tunai sejumlah juara 1 uang tunai Rp. 7.000.000,-, juara 2 Rp. 5.000.000,- dan juara 3 Rp3.000.000,-.

“Untuk para pemenang Lomba UMKM masing-masing mendapatkan uang tunai sejumlah : juara 1 uang tunai Rp. 10.000.000,- juara 2 Rp. 7.000-000,-, Juara 3 Rp, 5.000.000.-, “ ujarnya.

FPL pun turut mengadakan penghargaan khusus antar sekolah (SMP/SMA/SMK/ Sederajat) yang mengikuti Karnaval Budaya, di mana tiga sekolah terbaik mendapatkan uang tunai Rp. 7.000.000,-, juara 2 Rp. 5.000.000,-, juara 3 Rp. 3.000.000,-.

“Dengan adanya Festival Pesona Lokal diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat akan potensi daerahny a dan juga berperan aktif untuk turut serta mempromosikannya,” pungkasnya.

 

pur/R-1

 

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment