Tampilan Sporti Model Hatchback | Koran Jakarta
Koran Jakarta | March 29 2020
No Comments
Segmen Sedan

Tampilan Sporti Model Hatchback

Tampilan Sporti Model Hatchback

Foto : ANTARA/Zarqoni Maksu
A   A   A   Pengaturan Font

Model sedan hatchback terbaru menawarkan desain yang kompak dengan tampilan sporti yang menggoda.

Di pasar Tanah Air, kendaraan hatchback atau sedan buntung lebih disukai ketimbang sedan. Padahal sedan yang lebih panjang memiliki kelebihan pada kemampuan membawa barang lebih banyak. Honda Jazz, Toyota Yaris, Mazda 2 adalah contoh mobil hatchback yang menjadi favorit konsumen saat ini.

Pada kelas yang lebih tinggi kondisinya tetap sama. Honda misalnya yang sejak 2017 meluncurkan kembali model Civic hatchback, melengkapi Civic versi sedan, dan Civic Type R. Tidak disangka civic hatchback menuai sukses, dengan penjualan mencapai 5.232 unit sejak diluncurkan.

Sepanjang 2019 saja mobil ini terjual sebanyak 1.579 unit. “Honda adalah merek yang sangat populer di segmen hatchback didukung model seperti Honda Jazz dengan varian RS-nya yang sangat digemari konsumen. Kehadiran Civic hatchback sendiri memberikan pilihan bagi konsumen yang ingin naik kelas dari Honda Jazz,” papar Direktur Inovasi dan Penjualan dan Pemasaran PT Honda Prospect Motor (HPM), Yusak Billy, pada peluncuran tersebut.

Civic hatchback berhasil menguasai pangsa pasar 5 persen. Sementara Honda Jazz yang menjadi pemimpin dengan pangsa pasar 40 persen. Sukses ini membuat PT Honda Prospect Motor kembali menghadirkan varian dari Honda Civic hatchback, pada tanggal 6 Februari 2020 di Jakarta.

Honda Civic terbaru mengusung emblem RS, sebagai New Honda Civic hatchback RS yang tampil sporti sekaligus seksi, dengan berbagai perubahan di bagian eksterior dan interior. Dari sisi interior memadukan warisan dari keluarga Civic dipadu dengan karakter varian RS yang merupakan ‘Global Sporty Icon’ dari Honda.

Ditunjang dengan aero kit pada bumper depan, bumper belakang dan Side Sill Garnish pada bagian samping. Pada buritan terlihat gagah dengan adanya New Rear Bumper Diffuser dan New Center Exhaust Pipe with Finisher dengan emblem RS.

Ditambah dengan pelek berukuran 17 inci dan desain dua nada (two-tone) semakin menambah gaya mobil ini. Interiornya memadukan kulit dengan aksen jahitan merah khas mobil sport pada jok, roda kemudi, tuas transmisi, konsol tengah dan door lining, serta desain sport pedal bernuansa chrome pada tuas gas dan rem. Untuk hiburan tersedia New 7” Capacitive Touchscreen Display Audio with Smartphone Connection untuk iOS dan Android.

Fitur canggih lain berupa One Push Ignition System berfungsi untuk menyalakan mesin hanya dengan satu sentuhan tombol. Ada juga Cruise Control yang memmudahkan pengemudi melajukan kendaraan tanpa menginjak pedal. Terdapat juga fitur rain sensing windshield wiper serta rear parking camera.

Dapur pacu Civic Hatchback RS masih menggunakan mesin 1.5L VTEC Turbo dengan Earth Dreams Technology. Mesin ini menghasilkan tenaga dan torsi dengan tenaga maskimal 173 PS pada 5.500 rpm dan torsi maksimal 22,4 kg.m pada 5.500 rpm, yang diklaim terbesar di kelasnya.

Tenaga disalurkan ke Transmisi CVT dengan Earth Dreams Technology, yang disokong fitur Paddle Shift seperti pada mobil balap untuk mengatur perpindahan transmisi 7 percepatan dari ujung jari.

Kelincahan dan stabilitas berkendara dalam berbagai kecepatan dihasilkan lewat fitur Dual Pinion Electric Power Steering (EPS). Civic Hatchback RS menawarkan standar keselamatan tertinggi di kelasnya melalui berbagai fitur keselamatan pasif dan aktif.

Rangkanya mengaplikasikan teknologi G-Force Control (G-CON) dan ACETM untuk memberikan perlindungan menyeluruh pada kabin penumpang. Untuk keselamatan pejalan kaki dilengkapi dengan Pedestrian Protection.

Terdapat 6 buah Airbag, Pretensioner Seatbelt dan Load Limiter yang dapat mengurangi resiko cedera pada pengemudi dan penumpang. Sementara ISOFIX & Tether berfungsi untuk pengait kursi bayi di kursi belakang kendaraan dalam menunjang keselamatan.

Fitur keselamatan juga meliputi Electric Parking Brake yang memberi kemudahan dalam melakukan parking brake cukup dengan satu sentuhan & Auto Brake Hold, Hill Start Assist, Vehicle Stability Assist, sistem pengereman Anti-lock Braking System (ABS) + Electronic Brake-force Distribution (EBD) + Brake Assist (BA), Brake Override System, hingga Emergency Stop Signal. Model New Honda Civic Hatchback RS tersedia dalam lima pilihan warna, yakni Brilliant Sporty Blue Metallic, Modern Steel Metallic, Rallye Red, Crystal Black Pearl dan Platinum White Pearl, dijual dengan harg 499 juta rupiah.

Pesaing Kuat Di pasar Jepang, New Honda Civic Hatchback RS berhadapan dengan Toyota Corolla Hatchback Sport yang menawarkan tampilan sporti. Mobil ini tersedia pada pilihan mesin turbo dan hibrida. Untuk versi mesin turbo memiliki spesifikasi dengan unit tipe bensin 1.200 cc empat silinder turbo yang bertenaga 114 dk dengan torsi 185 Nm. Tenaga dikiraim ke transmisinya CVT dengan mode perpindahan manual 10 percepatan.

Pada versi hibrida mesinnya mengadopsi milik Prius terbaru yang berkubikasi 1.800 empat silinder bertenaga 97 tenaga kuda yang digabungkan dengan motor listrik bertenaga 71 tenaga kuda. Kombinasi tenaga antara mesin bakar dan listrik dapat menghasilkan tenaga melimpah hingga 120 tenaga kuda. Dari sisi interior Corolla Hatchback menggunakan jok semi sport.

Canggihnya mobil ini memiliki modul komunikasi data, yang pertama kali diterapkan oleh Toyota dengan fungsi seperti panduan mengemudi jarak jauh, selain untuk diagnosa kendaraan, pemilihan waktu perawatan optimal menurut jarak tempun dan sejenisnya, yang menjadi standar Toyota di masa depan.

Tidak seperti Civic Hatchback, sejauh ini Toyota Corolla Hatchback Sport hanya dipasarkan di negeri matahari terbit, dengan banderol harga mulai 2.419.200 yen atau setara dengan 312,3 juta rupiah baik untuk versi turbo maupun hibrida.  hay/S-2

Klik untuk print artikel
No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment