SURAT UNTUK BU ROSSA - Tips Sukses Bekerja dari Rumah | Koran Jakarta
Koran Jakarta | May 31 2020
No Comments

SURAT UNTUK BU ROSSA - Tips Sukses Bekerja dari Rumah

SURAT UNTUK BU ROSSA - Tips Sukses Bekerja dari Rumah

Foto : ist
A   A   A   Pengaturan Font

Pertanyaan :

Bu Rossa, saat dulu saya harus masuk kerja tiap hari rasanya bosan dan lelah, dan ingin sekali bekerja di rumah saja. Tapi setelah ada kebijakan work from home, pekerjaan saya justru banyak yang tidak selesai. Mohon tipsnya ya Bu.

Jawaban :

Bekerja di rumah atau work from home (WFH) bukanlah hal baru. Cara ini sudah ada sejak lama dan telah diimplementasikan oleh banyak perusahaan. Namun, belakangan ini gara-gara pandemi virus corona (COVID-19) menyebar dengan cepat, pemerintah mengeluarkan himbauan agar perusahaan di Indonesia membuat kebijakan WFH untuk para pekerjanya. Jelas hal ini menjadi tantangan tersendiri buat siapa saja meski bisa dibilang WFH itu mudah dilakukan. Terlebih kita di zaman yang serba online dimana semua urusan sistem kerja didukung oleh sistem informasi dan teknologi yang canggih.

Namun, tantangan WFH cukup besar. Bayangkan saja, suasana rumah atau kosan yang sangat santai tentu sangat berbeda dengan suasana kantor yang identik dengan akttas kerja di setiap sudutnya. Ingat ya Anda bukan sedang liburan tapi sedang kerja. Jangan sampai Anda hanya buang-buang waktu, tidak bekerja dengan maksimal dan pekerjaan makin numpuk. Lalu bagaimana caranya untuk bisa tetap fokus kerja saat work from home? Ada beberapa hal yang dapat dilakukan jika ingin tetap sukses dan produktif meski bekerja dari rumah. Dilansir dari laman e Ladders, berikut enam hal yang harus Anda lakukan:

1. Komunikasi Komunikasi yang baik adalah rahasia dibalik kesuksesan saat bekerja dari rumah. Jika Anda tidak berkomunikasi baik dengan perusahaan, maka pekerjaan saat di rumah akan terganggu tentunya. Komunikasi yang baik bukan hanya tentang seberapa banyak Anda berkomunikasi. Ini lebih berkaitan dengan menjadi jelas, ringkas dan langsung.

2. Tetap Terorganisir dan Bekerja Esien Meskipun Anda sudah handal dalam bidang saat ini, namun tetaplah berhati-hati. Jika Anda tidak mengelola semua tugas yang akan dikerjakan dengan hati-hati, maka akan gagal juga saat bekerja dari rumah. Tetaplah disiplin meskipun tidak ada atasan di rumah Anda. Dengan begitu, semua tugas yang Anda miliki dapat selesai dengan waktu yang lebih cepat. Buatlah prioritas tugas yang akan dikerjakan terlebih dahulu.

3.Yakinkan Orang Kantor, Anda Dapat Diandalkan Bekerja dari rumah tentunya dibutuhkan tingkat kepercayaan yang lebih tinggi dibandingkan bekerja di kantor. Meskipun mereka tidak dapat melihat Anda, namun tetap bisa mengawasi dari hasil pekerjaan yang Anda lakukan. Untuk itu, buatlah rekan kerja atau atasan Anda yakin jika Anda dapat diandalkan melakukan tugas ini meskipun tidak berada di kantor. Dengan begitu, ini akan meningkatkan nilai Anda sebagai pegawai jarak jauh.

4. Pastikan Koneksi Internet Rumah Bekerja dengan Baik Saat bekerja dari rumah, tentunya koneksi internet menjadi sangat penting. Mengapa? Karena semua pekerjaan atau perintah yang akan diberikan, tentunya membutuhkan jaringan internet yang kuat. Untuk itu, perhatikan lagi koneksi internet yang ada dirumah Anda. Jika masih belum baik, maka perbaikilah agar semua pekerjaan Anda dapat terselesaikan sebaik mungkin.

5. Atur Waktu Tidur Sebaik Mungkin Meskipun bekerja dari rumah, bukan berarti tidak ada kepastian waktu selama Anda bekerja. Jika Anda memaksa dan memforsir diri selama bekerja di rumah tentunya ini akan buruk bagi kesehatan Anda. Untuk itu, tetaplah jaga kesehatan dengan cara berolahraga dan yang terpenting atur waktu tidur Anda sebaik mungkin. Tidur yang cukup akan membuat energi yang habis segera terisi kembali dan membuat Anda menjadi lebih fokus dalam bekerja.

6. Buat Jadwal Kerja Bekerja dirumah bukan berarti Anda bisa bebas menggunakan waktu untuk terus bekerja atau bahkan hanya untuk leha-leha. Jika Anda begini, hasil pekerjaan juga akan menjadi tidak baik dan jika bekerja terus-terusan tanpa istirahat ini juga akan membuat Anda sakit. Untuk itu, buatlah jadwal jam kerja untuk Anda. Jangan lupa sisipkan waktu istirahat sejenak untuk makan siang. Semoga sukses bekerja dari rumah! 

Klik untuk print artikel
No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment