Sukses Kelola Dana Desa, 16 Kabupaten Jadi Rujukan | Koran Jakarta
Koran Jakarta | August 15 2020
No Comments

Sukses Kelola Dana Desa, 16 Kabupaten Jadi Rujukan

Sukses Kelola Dana Desa, 16 Kabupaten Jadi Rujukan

Foto : ISTIMEWA
Sekjen Kementerian Desa PDTT, Anwar Sanusi.
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi menunjuk 16 kabupaten yang dinilai berhasil mengelola dana desa untuk menjadi percontohan bagi kabupaten lain yang masih tertinggal.

“Kami ingin pada tahun 2018–2019, 16 kabupaten ini betul-betul menjadi kabupaten yang bisa dijadikan rujukan bagi kabupaten yang masuk dalam kategori kabupaten 3T,” ujar Sekjen Kementerian Desa PDTT, Anwar Sanusi, saat Rapat Koordinasi dan Sinergi 16 Kabupaten Prioritas Terintegrasi, di Jakarta, Kamis (23/11).

Adapun ke-16 kabupaten tersebut adalah Kabupaten Aceh Singkil, Nias Barat, Kepulauan Mentawai, Pandeglang, Lombok Timur, Alor, Manggarai, Belu, Sabu Raijua, Rote Ndao, Maluku Tenggara Barat, Maluku Barat Daya, Buru Selatan, Kabupaten Pulau Morotai, dan Kabupaten Sarmi.

Anwar mengatakan akan memberikan intervensi terhadap ke-16 kabupaten prioritas tersebut. Pasalnya, kabupaten tersebut dinilai memiliki potensi, baik dari sisi sumber daya alam, manusia, dan budaya. “Artinya, mereka tidak hanya memiliki sumber daya alam, namun komoditas lainnya juga kita lihat memiliki daya ungkit,” papar Anwar.

Anwar juga berharap pemerintah daerah dapat komitmen untuk melakukan pembangunan di wilayahnya sendiri. Tidak kalah penting dari pemimpin daerahnya harus juga memiliki komitmen yang tinggi, terutama bagaimana membuat komoditas yang ada menjadi memiliki nilai ekonomi yang cukup tinggi. cit/E-3

Tags
Klik untuk print artikel
No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment