Koran Jakarta | December 16 2018
No Comments

Sukses, Uji Coba Panggilan Video 5G

Sukses, Uji Coba Panggilan Video 5G

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

Produsen ponsel Oppo mengumumkan keberhasilannya untuk melakukan panggilan video multiparty pertama di dunia. Ujicoba pada 30 November 2018 pukul 12:57 waktu Shenzhe, Oppo menggunakan perangkat ponsel dengan menggunakan jaringan 5G.

Para insinyur dari enam pusat penelitian dan pengembangan milik Oppo di seluruh dunia berpartisipasi dalam panggilan video menggunakan aplikasi wechat. Yakni salah satu aplikasi media sosial popular di Tiongkok, dengan pesan “Hello Oppo, Hello 5G”.

“5G adalah tren yang harus dianut Oppo. Selain berjuang untuk menjadi produsen pertama yang meluncurkan smartphone 5G, eksplorasi kami terhadap peluang aplikasi di era 5G + pada akhirnya akan menentukan nilai teknologi 5G itu sendiri,’ ujar Tony Chen, Founder, President dan CEO Oppo dalam siaran pers. Dalam panggilan video multiparty ini, Oppo menggunakan perangkat berbasis R15 Pro yang dikustomisasi dengan dukungan jaringan 5G. Lebih dari 17 menit panggilan ini dilakukan dengan menggunakan jaringan 5G pada bandwith 100 Mhz.

Para insinyur melaporkan bahwa koneksi panggilan video dapat berjalan mulus dengan tingkat latency yang rendah. Untuk menguji jaringan 5G, Oppo menggunakan UXM test set dan 5G New Radio (NR) yang merupakan solusi simulasi jaringan protocol dan validasi sinyal RF frekuensi pada sub-6GHZ band (FR1).

Panggilan Video 5G dilakukan dengan bandwith 100 MHz Sebagai perintis dalam perangkat 5G, Oppo berhasil menyelesaikan koneksi jaringan data 5G pertama kalinya pada bulan Agustus yang lalu. Kemudian, menyusul pada bulan Oktober, Oppo kembali berhasil menyelesaikan pengujian akses internet pada jaringan 5G.

Keberhasilan pengaplikasian panggilan video 5G pertama di dunia ini menunjukkan kapabilitas perusahaan Oppo untuk menjadi yang terdepan dalam pengembangan jaringan 5G dan mewujudkan merek ini sebagai manufaktur pertama yang akan merilis perangkat 5G secara komersial pada tahun 2019. hay/E-6

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment