Strategi PANDI Hadapi Persaingan Internasional Tahun 2020, Lakukan rebranding hingga peluncuran PANDI INSTITUTE | Koran Jakarta
Koran Jakarta | November 29 2020
No Comments

Strategi PANDI Hadapi Persaingan Internasional Tahun 2020, Lakukan rebranding hingga peluncuran PANDI INSTITUTE

Strategi PANDI Hadapi Persaingan Internasional Tahun 2020, Lakukan rebranding hingga peluncuran PANDI INSTITUTE

Foto : ISTIMEWA
A   A   A   Pengaturan Font

Angka pertumbuhan nama domain.id pada tahun 2019 lalu menuai tren positif. Tercatat pada tahun 2019, Jumlah nama Domain yang terdaftar di pengelola nama Domain Internet Indonesia (PANDI) sebanyak 352.905 atau naik sebanyak 25 % dari tahun 2018 yang tercatat sebanyak 281.467, menurut PANDI data tersebut meningkat tajamm Atau naik dua kali lipat dari periode sebelumnya, selain itu bahwa nama Domain .id semakin dilirik dan diminati bukan hanya masyarakat dalam negeri saja tetapi masyarakat luar negeri seperti amerika serikat,singapura,Tiongkok,Jerman,Australia dan Negara lainnya. Hal ini tidak lepas dari strategi PANDI selaku .id Registry, yang telah melakukan kerjasama dengan berbagai mitra staregis dalam meningkatkan brand awareness nama Domain.id, seperti di bidang olahraga,musik hingga pendidikan.

Demi bisa bersaing dengan pasar yang semakin kompetitif baik di dalam dan luar negeri,PANDI sudah menyiapkan strategi jitu dalam melebarkan volume pengguna .id di seluruh dunia. Yudho Giri Sucahyo menyebut langkah awal yang dilakukan PANDI agar bisa kokoh bersaing di pasar internasional adalah dengan melakukan perubahan (rebranding) pada logo,Tagline, dan maskot di tahun 2020. “ pada logo baru terdapat tiga kombinasi warna, merah melambangkan keberanian, biru artinya trusted serta kredibel dan hijau yang melambangkan teknologi. Ucap yudho dalam sesi press conference PANDI.

Lebih lanjut Yudho mengatakan di 2020 ini akan ada beberapa kerjasama lanjutan dan baru akan dimulai terhadap perusahaan,lembaga/instansi,organisasi dan lainnya. “ yang pertama adalah kerjasama PANDI dengan pengelola nama domain Australia (auDA), Dan pengelola nama Domain Portugis (DNS.PT) untuk membentuk tim gabungan dalam proyek pengembangan pengelolaan domain TL  (nama domain timor leste) yang dimotori dan difasilitasi oleh APLTD( Asosiasi Nama Domain Tingkat Tinggi Asia Pasifik), ungkap yudho”.

Dalam rangka mengingkatkan sistem dan keamanan, PANDI melakukan penempatan server registry data center yang lebih handal. Hal tersebut dilakukan untuk mendukung terciptanya sistem dapat berjalan dengan baik tanpa adanya gangguan sistem, sehingga membuat registran (pengguna) merasa aman.

Tahun 2020 juga ditandai dengan adanya peluncuran PANDI INDSTUTE yang merupakan layanan edukasi kepada masyarakat dan mitra industri yang bersinergi dengan pemerintah dalam pelaksanannya. Dan PANDI juga mempunyai tugas untuk merumuskan kebijakan di bidang pengelolaan Nama domain tingkat tinggi Indonesia. Menyiapkan,mengoperasikan, dan memelihara infrastruktur yang dibutuhkan serta menyediakan sistem elektronik untuk pengelolaan nama domain tingkat tinggi Indonesia dan menyelenggarakan pendaftaran nama domain tingkat tinggi Indonesia sesuai dengan ketentuan peraturan perundang undangan,kepatutan yang berlaku dalam masyarakat, dan prinsip kehati-hatian.

Klik untuk print artikel
No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment