Koran Jakarta | May 23 2017
No Comments
Pilkada DKI l KPU Siapkan 7.392.619 Surat Suara

Sosial Ekonomi Tema Debat Pilkada

Sosial Ekonomi Tema Debat Pilkada

Foto : Koran Jakarta/Wahyu AP
Ketua KPU Prov DKI Jakarta, Sumarno (kanan) bersama Komisioner Muhammad Fadillah (kiri) memberikan keterangan pers mengenai teknis debat Cagub dan Cawagub serta menunjukkan kertas suara yang digunakan dalam pilkada DKI di Kantor KPU DKI, Jakarta Pusat, Rabu (11/1).
A   A   A   Pengaturan Font
Polda Metro Jaya siap mengamankan tahapan debat tiga pasangan calon gubernur-wakil gubernur pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta 2017.

 

 JAKARTA - Ketua KPU Provinsi DKI Jakarta Sumarno mengatakan KPU Jakarta mengangkat tema Pembangunan Sosial Ekonomi untuk Jakarta dalam debat pertama calon gubernur dan calon wakil gubernur DKI Jakarta pada Jumat (13/1. 

“Debat terbuka ini merupakan salah satu media yang difasilitasi KPU sebagai penyelenggara pilkada untuk membantu masyarakat mengenal dan mengetahui program kerja masing-masing pasangan calon,” kata Sumarno dalam konferensi pers di Kantor KPU Jakarta, Rabu (11/7).

Dia menjelaskan tema itu dijabarkan dalam tiga isu sosial ekonomi yaitu pertama tentang kesenjangan ekonomi, kedua lingkungan, transporasi, tata kota, infrastruktur dan banjir.

Isu ketiga menurut dia, terkait pendidikan, keamanan warga, pendidikan karakter, resolusi konflik dan kehidupan masyarakat Jakarta. 

“Seluruh pihak yang terlibat memiliki semangat yang sama dengan menjunjung keadilan dan keberimbangan, baik itu panelis, moderator maupun televisi penyelenggarq karena masing-masing telah menandatangani pakta integritas,” ujarnya.

Sementara itu, Komisioner KPU M Fadlillah mengatakan KPU DKI Jakarta menyiapkan 7.392.619 surat suara dalam Pilkada DKI Jakarta 2017, yang saat ini dalam proses pencetakan, kata Komisioner KPU Jakarta, M Fadlillah.

“Jumlah surat suara yang di cetak sebanyak Daftar Pemilih Tetap plus 2,5 persen pemilih di tiap tempat pemungutan suara yaitu sekitar 7.392.619 surat suara,” kata Fadlillah 

Dia mengatakan KPU Jakarta juga menyiapkan 200 ribu surat suara kalau terjadi pemungutan suara ulang

Menurut dia, proses pencetakan surat suara dilakukan di Makassar, Sulawesi Selatan dan pihak KPU Jakarta mengirimkan tim pengawas yang melakukan proses pengawasan pencetakan surat suara. 

“Kami harap proses produksi berjalan baik dan lancar namun ada kejadian mati listrik beberapa waktu namun kami imbau agar bisa diantisipasi dan insya Allah berjalan sesuai target,” ujarnya.

Sementara itu, Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal Polisi M Iriawan mengatakan, Polda Metro Jaya siap mengamankan tahapan debat tiga pasangan calon gubernur-wakil gubernur pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta 2017.

“Kami sudah lakukan pengamanan dan koordinasi dengan pasangan calon untuk pendukungnya sama-sama menjaga keamanan,” kata M Iriawan, Rabu.

Irjen Iriawan mengatakan rencananya setiap pasangan calon diperbolehkan membawa 100 orang pendukung masuk ke ruangan lokasi debat Pilkada DKI Jakarta agar keamanan tetap terjaga. 

“Nanti satu pasangan calon 100 orang pendukung jadi 300 orang,” ujar Iriawan.

Iriawan menuturkan petugas kepolisian bersama pihak terkait akan menggelar simulasi pengamanan debat pasangan calon pada Kamis (12/1).  Ant/P-5

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment