Solusi Digital bagi Bisnis UMKM | Koran Jakarta
Koran Jakarta | October 30 2020
No Comments

Solusi Digital bagi Bisnis UMKM

Solusi Digital bagi Bisnis UMKM
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - Saat pendemi Covid-19 para UMKM disarankan berpindah ke digital untuk mempertahankan binisnya dan menjangkau pasar lebih luas, dengan pertumbuhan yang cepat dan biaya operasional yang rendah.

Untuk memfasilitasi para pelaku UMKM beralih ke digital, Gojek melalui layanan GoBiz pada aplikasi menghadirkan inovasi bernama Daftar Mandiri. Inovasi bagian dari inisiatif #MelajuBersamaGojek, diharapkan menjadi solusi inklusif dan komprehensif bagi UMKM dalam berbagai sekala bisnis untuk beralih ke digital.

Head of Merchant Platform Business Gojek Novi Tandjung mengatakan, “GoBiz adalah bagian dari solusi komprehensif Gojek dalam memfasilitasi pelaku UMKM untuk meraih kesempatan dengan go digital di tengah masa yang penuh tantangan ini,” ujar dia dalam konferensi per daring Selasa (15/9).

Melalui Daftar Mandiri, UMKM dipercaya dapat melakukan transformasi digital secara mandiri, memulai usaha, beradaptasi dengan lingkungan, dan melebarkan sayap bisnisnya. Caranya dengan mengisi pendaftaran melalui Daftar Mandiri, lalu mengecek status verifikasi, untuk aktivasi akun.

Novi menerangkan, “GoBiz memberikan kemudahan bagi mitra usaha dalam mengembangkan usaha dan mengatur operasional bisnis dalam satu genggaman, seperti kemudahan pengembangan usaha, dan operasional bisnis,” jelasnya.

Pengembangan usaha meliputi perluasan akses pasar melalui GoFood, pembayaran nontunai dengan GoPay dan pembayaran di outlet dengan QRIS, pengaturan promosi secara mandiri, dan pengajuan modal usaha.

Sementara itu, kemudahan operasional bisnis meliputi pencatatan dan rekap otomatis seluruh transaksi, manajemen resto didukung laporan cepat terintegrasi dengan Point of Sale.

Sejak diluncurkan pada 2018, layanan GoBiz telah berhasil membantu lebih dari 600.000 mitra usaha sektor kuliner, ritel, dan berbagai sektor lainnya. Pada pelaku UMKM terhubung dengan lebih dari 170 juta pengguna aplikasi Gojek di Indonesia. Hay/G-1

 

Klik untuk print artikel
No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment