Koran Jakarta | May 21 2019
No Comments

Siapa Bilang Freelancer Susah Mendapatkan Bantuan Pinjaman?

Siapa Bilang Freelancer Susah Mendapatkan Bantuan Pinjaman?

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

Banyak orang yang mengatakan bahwa profesi freelancer akan dipersulit dalam proses pinjam meminjam. Hal ini disebabkan karena mereka tak memiliki slip gaji, sedangkan slip gaji adalah salah satu syarat utama yang banyak diminta oleh lembaga pemberi pinjaman. Eits, ternyata itu tak selamanya benar. Untuk kamu yang berprofesi sebagai pekerja lepas dan sedang membutuhkan bantuan dana, masih ada solusi kok!

Fintech, bantuan pinjaman tanpa slip gaji untuk para freelancer

Untuk kamu para freelancer yang membutuhkan dana tambahan, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan jasa fintech. Saat ini ada banyak fintech yang menawarkan bantuan dana tanpa mensyaratkan slip gaji, sehingga siapa saja bisa mengajukan peminjaman asal sesuai dengan persyaratan. Akan tetapi, kamu harus tetap berhati-hati karena tak semua fintech legal dan aman digunakan.

Hati-hati! Banyak fintech ilegal yang beredar

Meskipun menggunakan fintech akan memberikan kemudahan dalam pencarian peminjaman, tetap perlu diingat bahwa ada beberapa fintech ilegal yang tidak memiliki izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebagai lembaga pengawas resmi, sehingga kegiatannya bisa merugikan konsumen.

Seperti yang banyak diberitakan media, banyak fintech ilegal yang mengenakan bunga dalam jumlah yang sangat besar alias menjadi rentenir. Bukan cuma memberikan bunga mencekik, biasanya rentenir fintech akan menggunakan cara kotor ketika konsumennya tak kunjung membayar utang. Misalnya, dengan mempermalukan nasabah dengan menghubungi orang-orang yang punya hubungan dengan mereka. Respons OJK akan kasus ini memang sudah cukup baik. Mereka mulai menutup sebagian fintech ilegal yang beredar di pasaran. Namun, masih ada saja fintech nakal yang bertebaran.

Pastikan untuk memilih fintech yang aman

Jika kamu sedang mencari fintech yang aman, pastikan untuk menggunakan jasa fintech yang masih dalam daftar putih dari OJK. Salah satu jasa kredit online yang aman dan cocok untuk freelancer antara lain adalah Kredivo.

Bagi kamu yang belum tahu, Kredivo merupakan lembaga kredit online yang memberikan pinjaman dalam bentuk limit kredit mencapai Rp 30 juta. Limit tersebut bisa digunakan untuk pinjaman uang online dan bisa juga dipakai untuk belanja aneka barang di merchant rekanan Kredivo.

Tertarik untuk mencoba? Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mendaftar akun Kredivo terlebih dahulu. Tenang, persyaratannya hanya sebagai berikut:

  1. Berusia minimal 18 tahun
  2. Berpenghasilan minimal Rp 3 juta per bulan
  3. Tinggal di wilayah Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Medan, Palembang, Semarang, Bali, Yogyakarta, Solo, Malang, Makassar, Cirebon, atau Sukabumi

Apabila kamu memenuhi ketiga persyaratan di atas, kamu bisa langsung mendaftar akun Kredivo. Selanjutnya, karena Kredivo adalah aplikasi pinjaman dana berbasis digital, maka semua proses pendaftaran akun dan pengajuannya dilakukan secara online lewat aplikasi. Kamu bisa download aplikasi resmi Kredivo di Google Play Store atau App Store, gratis!

Nah, jadi untuk kamu para freelancer, tak perlu lagi khawatir tidak bisa mengajukan pinjaman dana karena tidak punya slip gaji. Dengan layanan kredit online seperti Kredivo, kamu sudah menemukan solusinya!

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment