Koran Jakarta | December 16 2018
No Comments

Sentimen Internal Bayangi Rupiah

Sentimen Internal Bayangi Rupiah

Foto : s.d 6 des
A   A   A   Pengaturan Font

 

 Jakarta – Tekanan terhadap rupiah bakal berlanjut ke depan. Setelah didominasi sentimen eksternal, kini dari da­lam negeri, masalah defisit transaksi berjalan berisiko me­nambah tekanan bagi rupiah untuk bergerak ke area positif.

Pengamat pasar uang dari Bank Woori Saudara Indone­sia, Rully Nova mengatakan sentimen yang kembali mem­bayangi pergerakan mata uang rupiah, yakni defisit tran­saksi berjalan atau current account deficit (CAD).

“Sentimen CAD kembali menjadi perhatian pasar sete­lah kekhawatiran atas perang dagang AS-Tiongkok kembali muncul,” katanya di Jakarta, kemarin.

Dia mengharapkan data cadangan devisa Indonesia yang sedianya akan dirilis pada hari ini (7/12), kembali mencatatkan peningkatan sehingga mengurangi kekhawa­tiran pasar terhadap neraca Indonesia.

Seperti diketahui, nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta, Kamis (6/12) sore, kemabli melemah 134 poin dari sehari sebelumnya menjadi 14.524 rupiah per dollar AS.

Berdasarkan data BEI, posisi cadangan devisa Indonesia tercatat 115,2 miliar dollar AS pada akhir Oktober 2018, me­ningkat dibandingkan dengan 114,8 miliar dollar AS pada akhir September 2018. Ant/E-10

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment