Selesai Observasi, 238 WNI Akan Dipulangkan | Koran Jakarta
Koran Jakarta | November 29 2020
No Comments
Karantina WNI di Natuna

Selesai Observasi, 238 WNI Akan Dipulangkan

Selesai Observasi, 238 WNI Akan Dipulangkan

Foto : ISTIMEWA
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - Masa observasi kesehatan 238 Warga Negara Indonesia (WNI) yang berhasil di evakuasi dari Wuhan, Provinsi Hubei, Tiongkok di Natuna akan berakhir Jumat (15/2 sekitar pukul 12.00 WIB. Selanjutnya, mereka akan diperbolehkan untuk untuk pulang ke keluarga masing-masing.

Deputi IV Bidang Informasi dan Komunikasi Politik KSP, Juri Ardiantoro mengatakan hal itu di Gedung Bina Graha, Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (13/2).

Namun, lanjut Juri, terkait teknis penjemputan atau pelepasan sampai saat ini masih terus dibicarakan. “Tapi, prinsip dari proses pelepasan atau penjemputan itu berjalan secara alamiah. Jadi tidak ada acara yang kira-kira secara formal serimonial yang berlebihan,” ucap Juri.

Karenanya, ia minta kepada keluarga para WNI tidak usah berangkat ke Jakarta untuk melakukan penjemputan dan penyambutan.

“Rencananya diperbolehkan di daerahnya masing-masing, di bandara di kampungnya masing- masing. Jadi tidak ada acar penjemputan di Jakarta. Karena kemungkinan besar seluruh peserta observasi akan pulang lewat Jakarta semua dibawa oleh satu penerbangan khusus. Kemudian akan naik penerbangan komersil biasa ke daerahnya masing-masing,” jelas Juri.

Juri juga meminta kepada pemerintah daerah (pemda) yang ada warganya agar terus melakukan koordinasi terkait pemulangan ini. Sebab, pemerintah akan menanggung seluruh biaya WNI yang telah diobservasi setelah diterbangkan dari Natuna ke Jakarta.

“Sementara akan menggunakan pesawat TNI Angkatan Udara dari Natuna. Setelah itu baru pulang ke rumah masing- masing dengan penerbangan komersil. Kami juga minta pemda untuk aktif koordinasi soal ini. Tapi prinsipnya tidak usah terlalu ramai-ramai, alamiah saja,” tutupnya.

Semua Sehat

Sementara itu, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengatakan bahwa sebanyak 238 WNI dari Wuhan China yang di observasi di Natuna semuanya dinyatakan sehat.

“Ini sesuai dengan prosedur kesehatan standar WHO terkait dengan virus korona,” kata Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, saat memberikan sambutan dihadapan ratusan personel TNI-Polri dan unsur terkait yang tergabung dalam Satgas Komando Tugas Gabungan Terpadu (Kogasgabpad) Operasi Bantuan Kemanusiaan Natuna yang melaksanakan observasi 238 WNI di Lanud Raden Sadjad, Natuna, Kepulauan Riau, Kamis (13/2). fdl/AR-3

Klik untuk print artikel
No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment