Koran Jakarta | August 19 2018
No Comments

Sebanyak 30 Persen Dana Desa untuk Padat Karya

Sebanyak 30 Persen Dana Desa untuk Padat Karya

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

Jakarta – Direktur Jenderal Pemberdayaan Masyarakat Desa Kementerian Dalam Negeri Nata Irawan di Jakarta, Senin (12/2) mengatakan, sebanyak 30 persen dana desa harus diperuntukkan untuk program padat karya.

Keputusan ini tindaklanjut dari keputusan bersama empat menteri tentang dana desa yang telah diteken Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Menteri Dalam Negeri, Menteri Desa dan Menteri Keuangan.

”Diamanatkan bahwa 30 persen dari dana desa itu harus dilakukan untuk padat karya. Yang dimaksudkan padat karya disini adalah agar tenaga kerja yang ada di desa diberdayakan secara optimal,” kata Nata.

Prinsipnya kata Nata dalam program padat karya, mulai dari bahan baku, sumber daya manusia sedapat mungkin harus dari desa bersangkutan. Sehingga program padat karya bisa mendorong pemberdayaan masyarakat desa.

Manfaatnya pun dirasakan langsung oleh warga desa. “Pembangunan desa dan pemberdayaannya itu bisa bergerak pada ekonomi masyarakat yang ada di desa itu sendiri,” katanya. sur/AR-3

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment