Koran Jakarta | July 24 2017
No Comments

SDM Pelaut Terus Ditingkatkan

SDM Pelaut Terus Ditingkatkan

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA– Kementerian Perhubungan (Kemenhub) terus berupaya mencetak sumber daya manusia (SDM) pelaut sehingga lebih mampu bersaing di kancah internasional, melalui melalui Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) di bawah pengawasan dari Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP). Melalui sekolah tersebut, Kemenhub terus meningkatkan pembinaan agar dapat memenuhi kebutuhan pelaut.

“Tidak dipungkiri bahwa saat ini salah satu faktor Indonesia kalah bersaing dengan Filipina dalam jumlah pelaut yang bekerja secara internasional adalah kemampuan bahasa Inggris pelaut Filipina yang lebih baik,” kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Jakarta, Minggu (16/7) malam.

Untuk ini, tambahnya, pihaknya akan terus meningkatkan kompetensi SDM pelaut yang tengah di didik sehingga dapat bersaing di kancah internasional. Baik dari sisi kemanpunan teknis ataupun non teknis.

Budi juga menjelaskan bahwa bahwa saat ini Filipina mampu menyumbangkan tenaga kerja pelaut yang bekerja secara internasional sebanyak 4 juta orang, sedangkan Indonesia meskipun menduduki urutan kedua baru bisa menyumbang 400.000 pelaut. mza/E-10

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment