Sarana Jaya Perbanyak Hunian DP Nol Rupiah | Koran Jakarta
Koran Jakarta | February 20 2020
No Comments
Kebutuhan Perumahan

Sarana Jaya Perbanyak Hunian DP Nol Rupiah

Sarana Jaya Perbanyak Hunian DP Nol Rupiah

Foto : istimewa
hunian terjangkau - Warga datang ke Groundbreaking hunian DP nol rupiah di Perumahan Kelapa Village, Jakarta Timur, beberapa waktu lalu.
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – Perusahaan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang bergerak di bidang perumahan dan lahan, Perumda Pembangunan Sarana Jaya berencana akan memulai memperbanyak perumahan vertikal untuk kelas menengah ke bawah atau berpenghasilan rendah pada 2020. Sarana Jaya menargetkan rumah untuk warga berpenghasilan rendah di Jakarta ini akan dirancang modern, tetap layak huni dan ramah lingkungan.

Direktur Pengembangan, Perumda Pembangunan Sarana Jaya, Indra S Arharrys, mengatakan saat ini, DKI Jakarta memiliki defisit perumahan atau backlog kepemilikan rumah yang pada tahun 2015 sampai 2018 meningkat hingga mencapai 10 persen. Namun karena harga yang tinggi, hanya sedikit warga Jakarta yang berpenghasilan rendah mampu membeli rumah sendiri. Karena itu, Perumda Pembangunan Sarana Jaya memiliki misi untuk bersinergi dengan pihak Pemprov DKI Jakarta untuk ikut membangun perumahan di Jakarta, salah satunya melalui pembangunan hunian down payment (DP) 0 Rupiah. Indra menyebut, program DP 0 rupiah ini jadi salah satu program unggulan penyediaan hunian bagi masyarakat DKI Jakarta yang berpenghasilan rendah.

“Faktanya, tingginya harga perolehan tanah di wilayah DKI Jakarta, penyediaan hunian bagi masyarakat disajikan dalam bentuk bertingkat,” kata dia di Jakarta, Kamis (13/2). Dua Kawasan Beberapa kawasan di Jakarta sudah menjadi rencana proyek pengembangan rumah DP 0 rupiah. Saat ini, kata dia, sudah dua kawasan yakni Klapa Village, Pondok Kelapa, Jakarta Timur dan Nuansa Cilangkap, Cipayung Jakarta Timur.

“Rencananya akan kita perbanyak lagi untuk 2020 ini,” katanya. Indra juga menambahkan selain menyediakan rumah hunian DP 0 persen, Perumda Pembangunan Sarana Jaya juga berencana untuk melakukan pengembangan sentra bisnis di Tanah Abang, di mana sentra bisnis yang bernama “Kawasan Sentra Primer Tanah Abang” akan menyerupai Sudirman Central Business District (SCBD). Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) DKI Jakarta Nasrudin Djoko Surjono menyebut pengadaan rumah DP 0 rupiah yang disediakan oleh Sarana Jaya tetap berdasarkan masukan dari masyarakat. Sebab pola pembangunan Jakarta selalu berkolaborasi dengan semua pihak.

pin/P-5

Klik untuk print artikel
No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment