Koran Jakarta | April 22 2019
No Comments

Sajian Ringan Saat Suasana Santai

Sajian Ringan Saat Suasana Santai

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

Makanan dan minuman yang enak dinikmati saat suasana santai antara lain pisang goreng, bakwan, dimsum, teh dan kopi hangat, wedang jahe atau susu hangat.

Menikmati sajian kuliner memang disesuaikan dengan kondisi. Dalam kondisi tertentu tidak harus menyantap makanan berat. Dalam suasana saat kongkow ber­sama keluarga menjadi, malah lebih berkesan dengan hidangan ringan yang mendukung suasana santai.

Konsumsi hidangan tertentu ikut mewarnai suasana di saat berkum­pul dengan kerabat atau teman. Tidak perlu harus selalu mengon­sumsi makanan berat saat kongkow . Artinya, hidangan bisa menyesuai­kan dengan suasana.

Apalagi, selera makan kadang berubah-ubah. Saat suasana kong­kow kadang tidak membutuhkan makanan berat. Selain karena faktor suasana, juga karena metabolisme tubuh cenderung meningkat pula, yang membuat kita merasa cepat lapar.

Nah, jika suasana bersantai bersama kerabat dan teman dalam cuaca dingin, biasanya orang cende­rung mencari makanan dan minum­an yang hangat.

Apalagi kala malam hari, suasana sejuk akan mendorong hasrat lapar kita untuk terus mengunyah makan­an. Makanan berkuah seperti bakso, soto atau mie instan, paling favorit yang banyak dicari orang di saat suasana dingin dan santai.

Makanan hangat ini paling nikmati disantap sambil lihat televisi atau berkumpul dengan keluarga atau teman-teman. Selain itu ada lagi aneka makanan dan minuman yang juga enak dinikmati saat ber­santai dalam suasana santai seperti pisang goreng, bakwan, dimsum, teh dan kopi hangat, wedang jahe atau susu hangat.

Mari kita bahas satu persatu makanan dan minuman favorit saat bersantai. Yang pertama adalah bakso. Bakso biasanya terbuat dari daging sapi yang digiling kemudian ditambah dengan tepung dan bum­bu-bumbu. Selain itu, bakso juga memiliki banyak varian, diantaranya bakso telur, bakso urat, bakso halus dan lain-lain.

Tak salah, jika bakso menjadi makanan favorit saat rame-rame bersama teman. Bakso yang kenyal dicampur kuah hangat yang gurih sedap, akan membuat tubuh men­jadi hangat berkeringat. Apalagi ditambah sambal yang pedas, pasti sangat mantap rasanya.

Selain itu, salah satu makanan favorit orang Indonesia ini juga bisa ditemui di mana saja. Misalnya saat kita di rumah, banyak pedagang bakso keliling yang bisa kita panggil. Atau sengaja datang ke kedai-kedai bakso baik yang di pinggir jalan atau di resto-resto, banyak pilihannya.

Atau kita bisa membuat bakso sendiri di rumah. Karena bakso ini mudah dibuat, apalagi sekarang bakso juga ada yang sudah siap saji. Jadi tidak repot membuatnya.

Kedua mie instan. Makanan praktis dan siap saji ini juga sangat istimewa saat bersantai sambilkong­kow. Yang mau makanan murah meriah dan praktis, mie instan solusinya.

Tinggal beli di warung, atau kita sudah punya stok di rumah, nyalain kompor, direbus, dibumbui kemu­dian ditambai telur atau bawang goreng, siap deh dalam waktu lima menit saja. Pilihannya bisa mie yang berkuah atau mie kering. Murah, enak, mudah, hangat dan kenyang.

Ketiga adalah jagung bakar atau rebus. Kalau kita jalan-jalan, apalagi saat kebetulan saat musim penjual jagung rebus/bakar banyak kita temui di pinggir jalan.

Enaknya makan jagung bakar atau rebus ini sambil nongkrong ba­reng teman-teman, di tempat yang lebih terbuka. Untuk jagung yang dibakar, lebih baik memakai jagung yang muda, karena tidak terlalu keras.

Jagung ini paling enak dinikmati waktu turun hujan saat hangat. Ja­gung sendiri banyak mengandung serat, vitamin B kompleks, serta antioksidan.

Sebenarnya masih banyak lagi makanan lain, yang enak dimakan saat santai. MIsalnya otak-otak, pempek, aneka gorengan atau hidangan berkuah lainnya.

Untuk jenis minuman, yang popular saat musim penghujan atau bersantai adalah kopi, teh, wedang jahe, atau susu hangat dengan aneka variannya.

Susu adalah minuman yang me­nyehatkan, saat bersantai, apalagi suasana hujan dan malam hari. Susu hangat adalah minuman yang pas dinikmati sambil menikmati dinginnya udara apalagi ditemani aneka gorengan, pasti nikmat. Susu juga bisa divariasikan dengan coklat, kopi atau vanilla.

Kemudian kopi, minuman khas yang selalu dicari penggemarnya. Rasa kopi yang pahit manis mem­buat daya tarik tersendiri, sangat pas dinikmati saat berbincang dengan teman.

Banyak kedai kedai kopi yang mudah kita temui. Bisa dari kelas kios kecil hingga kafe-kafe kopi yang saat ini makin marak tumbuh di ber­bagai tempat.

Teh juga minuman yang sangat pas dinikmati sambil bersantai dan malam hari. Selain rasanya yang enak, teh juga dapat menghangat­kan tubuh. Minumnya bisa disaji­kan dalam rasa manis atau tawar. Dua-duanya enak, dengan ditemani camilan seperti pisang goreng atau roti bakar. n yun/E-6

Baso Sapi

 Sebagai makanan dan minum­an favorit di saat suasana santai, berikut resep-resep yang mudah dan murah, serta bisa dilakukan di rumah.

Bahan-bahan:

- Daging sapi ½ kg, giling

- Tepung kanji 50 g

- Telur 1 butir

- Lada bubuk ½ sdt

- Garam 1 sdt

- Bawang putih 4 siung, haluskan

- Es batu 40 g, hancurkan

- Air 2 liter

Cara membuat:

  1. Masukkan daging sapi yang telah digiling ke dalam wadah, campurkan tepung kanji, telur, lada bubuk, garam dan bawang putih yang telah dihaluskan. Campur atau uleni dengan ta­ngan atau bisa menggunakan alat sampai semua tercampur sempurna.
  2. Jika dirasa adonan masih lem­bek dan sulit dibentuk, maka bisa ditambahkan es batu secara perlahan sampai dirasa adonan bisa dibentuk.
  3. Rebus air dalam panci sampai mendidih.
  4. Ambil adonan daging dengan tangan lalu bentuk bulat baik dengan kedua tangan atau de­ngan satu tangan ditekan hingga adonan keluar melalui jari telunjuk dan jempol.
  5. Masukkan adonan yang telah terbentuk ke dalam air panas.
  6. Lanjutkan hingga semua adonan habis.
  7. Jika pentol telah mengapung maka pentol telah matang. Ang­kat

Pisang Goreng Crispy Keju

 Bahan-bahan:

- 1 sisir pisang kepok kuning

- 250 gram tepung terigu

- 2 sdm gula pasir

- 125 ml susu cair

- 1 sdt essen vanila

- 150 gram keju chedar yang sudah diparut

- 1 sdt garam

- 250 gram tepung panir kasar

- Minyak goreng secukupnya

Bahan saus:

- 1 buah kuning telur

- 50 gram keju chedar diparut

- 100 ml susu cair

- 10 sdm susu kental manis

- 1 sdm tepung maizena yang dilar­utkan dengan sedikit air

Cara membuat:

- Pertama campurkan tepung terigu, gula pasir, susu cair, essen vanila, garam dan keju. Kejunya 50 gram aja ya, nanti sisanya buat di campuran yang lain. Campur­kan sampai jadi adonan basah yang rata dan kental, sisihkan.

- Setelah itu siapkan campuran un­tuk baluran biar tambah crispy, yaitu tepung panir kasar dan 100 gram keju chedar parut. Campur bahan kering sampai rata ya, ke­mudian disisihkan dulu.

- Siapkan pisang, potong jadi ben­tuk kipas, atau belah dua juga boleh. Usahakan saat membelah jangan sampai putus, biar ben­tuknya bagus.

- Masukkan pisang yang sudah dipotong tadi ke dalam adonan basah. Kemudian gulungkan ke bahan kering, yang campuran tepung panir sama keju tadi. Simpan dalam kulkas selama 15 menit.

- Sambil menunggu pisang yang baru disimpan, buat sausnya dulu. Kocok kuning telur, susu kental manis dan susu cair di atas api sedang.

- Kemudian masukkan susu kental manis dan parutan keju chedar, aduk sampai tercampur rata. Masukkan larutan tepung maizena, aduk kembali hingga saus mengental, lalu matikan apinya.

- Setelah pisang siap, panaskan mi­nyak lalu goreng pisang sampai matang. Kemudian angkat dan dinginkan pisang gorengnya.

- Pisang goreng siap disajikan, ja­ngan lupa sausnya ya.

Kopi Latte Panas

Hasil gambar untuk Kopi Latte Panas

 Bahan-bahan:

- 6 sdm kopi instan

- 1000 ml susu cair panas

- 250 ml krim kental

- 100 gram gula pasir

Cara membuat:

  1. Larutkan kopi instan dengan sedikit susu panas, aduk hingga larut. Masukkan sisa susu, aduk rata.
  2. Kocok krim kental bersama gula pasir hingga lembut dan agak kaku.
  3. Tuang kopi hangat ke dalam cangkir, beri krim kental secu­kupnya, sajikan selagi panas atau anget/hangat.
No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment