Koran Jakarta | October 19 2017
No Comments
Descendants of The Sun

Romantisme Cinta di Kota Fiktif

Romantisme Cinta di Kota Fiktif

Foto : koran jakarta/sandi murdani
A   A   A   Pengaturan Font
Kepopuleran serial drama Descendants of The Sun (DOTS) yang telah mendunia turut mendongkrak jumlah wisatawan yang berkunjung ke lokasi wisata yang menjadi lokasi syuting film tersebut di Taebaek, Korea Selatan (Korsel).

 

Kota Taebaek yang terletak di Provinsi Gangwon ini memang tengah menjadi soroton. Pasalnya, di kota kecil itulah terdapat spot yang menceritakan kisah cinta Song Joong Ki dan Song Hye Kyo.

Lokasi syuting tersebut digambarkan sebagai Uruk (sebuah kota fiktif ) di serial DOTS. Uruk diceritakan sebagai sebuah negara kecil yang terletak di Semenanjung Balkan dengan situasinya yang penuh kekacauan.

Tim produksi Descendants of the Sun awalnya melakukan syuting selama satu setengah bulan di Yunani. Namun karena cuaca tidak mendukung (sering hujan), tim produksi memutuskan untuk melanjutkan syuting di Korsel. Seluruh kru harus tinggal lama di Yunani dan kemudian membuat setting di Taebaek, provinsi Gangwon, untuk syuting adegan sisanya.

Setelah proses produksi selesai pada November 2015. Lokasi syuting tersebut sebenarnya sudah dibongkar. Namun berkat popularitas serial drama yang begitu hebat khususnya di Tiongkok, serta banyaknya permintaan dari agen-agen perjalanan dan turis-turis luar negeri telah mendorong pemerintah setempat untuk membangun kembali lokasi syuting tersebut, dan akhirnya resmi dibuka untuk umum sebagai destinasi wisata sejak Agustus 2016.

Ide pembangunan ini dicetuskan Presiden Korsel, Park Geun Hye. Beliau menekankan bahwa Descendants of the Sun memberi kesempatan untuk melakukan pengembangan di industri pariwisata.

 

Menurutnya, drama tersebut tidak hanya mempromosikan budaya Korea kepada masyarakat internasional, namun juga menarik perhatian masyarakat internasional terhadap Korea.

“Drama ini tidak hanya menghasilkan kesuksesan secara budaya dan finansial, namun juga berkontribusi terhadap industri pariwisata Korea,” ujar Park seperti dilansir heraldcorp.

Ia menyebutkan Descendants of the Sun menjadi alasan yang bagus bagi orang-orang untuk berkunjung ke Taebaek. Ia menambahkan bahwa pemerintah akan terus mendukung Kota Taebaek.

Wali Kota Taebaek, Kim Yeon Sik sebelumnya juga telah berdiskusi dengan pejabat Kementerian Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata, dan CEO dari Organisasi Pariwisata Korea (KTO) untuk mengembangkan lokasi set drama DOTS sebagai objek wisata baru.

“Lokasi syuting tersebut harus dibangun sebagai tujuan wisata baru yang berkelanjutan daripada lokasi satu kali. Tempat ini harus dihubungkan dengan tempat wisata daerah lain untuk jangka panjang,” kata Jung Chang Soo, CEO KTO.

Kota Taebaek di Provinsi Gangwon mengucurkan 270 juta won untuk proyek pembangunan kembali markas militer seperti yang terdapat dalam drama Descendants of the Sun. “Drama Descendants of the Sun memang begitu menghentak situasi drama Korea pada awal 2016. Dots menjadi drama yang paling populer dengan rating tinggi,” ujar pengelola wisata, Joo Hyun Park kepada Koran Jakarta di Taebaek, Seoul, Selasa (20/12).

Hal ini pun terlihat dari lokasi syuting yang dibuka untuk tujuan wisata di Taebaek. Sampai saat ini Taebaek terus diserbu penggemar dan penikmat drama Korea.

 

Kebanyakan pengunjung tempat tersebut ingin mengetahui bagaimana suasana tempat syuting dari dokter Kang Mo Yeon dan kapten Yoo Si Jin.

Kurang lebih selama 11 hari sejak 1 Agustus, jumlah dari 7.810 turis mengunjungi TaeBaek, angka itu melonjak 66 persen menjadi 12.997 sejak tempat syuting itu resmi dibuka untuk wisata pada 12 Agustus, membuat jumlah pengunjung membludak menjadi 20.000 pengunjung.

“Pengunjung banyak yang datang. Sejak pembukaan bisa sampai 1.000 orang yang datang, terutama di akhir pekan dan musim liburan. Sayangnya saat memasuki musim dingin seperti saat ini, pengunjung jadi tidak banyak yang datang,” kata Joo Hyun Park. san/R-1

Dari Medicube hingga Tank Militer

Di lokasi wisata Uruk, Taebaek Unit Base ini, para pengunjung bisa menelusuri medicube (tenda medis) yang dipimpin dokter Gang Mo Yean (Song Hye Kyo) dan markas militer yang dipimpin Kapten Yoo Si Jin (Song Joong Ki) sambil mengenakan kostum yang dirancang sama seperti yang digunakan para pemeran drama 16 episode itu.

“Di Medicube pengunjung bisa foto-foto sambil mengenakan seragam Gang Mo Yeon menjadi dokter,” imbuh Joo Hyun Park.

Di klinik kesehatan tersebut juga dilengkapi dengan beragam alat kesehatan, pengunjung bisa berakting seperti layaknya dokter yang diperankan Song Hye Kyo dengan berbagai perlengkapan medis yang ada.

Ada juga ruang makan serta dapur yang didesain apik dengan segala isinya seperti kompor gas, kulkas, peralatan masak hingga lemari tempat menyimpan piring. Di lokasi tersebut pernah tercipta adegan dari aktor dan aktris yang juga sering disebut Song Song Couple, sedang menikmati makan malam bersama.

Tentu saja Anda juga bisa berakting seakan-akan menjadi salah satu karakter dari sang aktor dan duduk di meja menciptakan romantic dinner.

Selanjutnya Anda bisa berkunjung ke sebuah barak. Lokasi tersebut merupakan tempat pasukan penjaga perdamaian PBB dalam drama tersebut beristirahat. Tidak jauh berbeda dengan apa yang ditampilkan saat syuting, barak ini juga dilengkapi dengan deretan tempat tidur beserta lemari yang didalamnya terdapat perlengkapan tentara seperti helm, tas ransel hingga seragam militer.

 

Tidak hanya itu, perlengkapan lain seperti sepatu boots, helm anti peluru, selimut militer, dan sabuk amunisi juga dapat Anda temukan di lokasi tersebut “Ini menjadi tempat favorit yang dikunjungi wisatawan. Mereka bisa berfoto dengan seragam lengkap yang digunakan sang aktor di dalam barak,” tutur Joo Hyun Park.

Keluar dari barak, pengunjung akan merasakan sensasi lebih dengan melihat beberapa kendaraan tempur yang digunakan Song Joong Ki . Kendaraan tersebut diantaranya helikopter, tank, hingga truk militer.

Tak jauh dari markas militer, mata pengunjung juga dimanjakan dengan gedung pembangkit listrik negeri Uruk yang muncul dalam Dots. Lokasi tersebut diceritakan hancur oleh gempa berkekuatan besar. Tentu saja Anda bisa mengabadikan gedung yang tampak porak poranda tersebut dengan gadget yang Anda miliki.

Jika tertarik mengunjungi lokasi syuting Dots di Taebaek, Anda bisa menggunakan transportasi bus dan kereta. Waktu yang ditempuh sekitar empat jam dengan jarak 230 kilometer dari Seoul.

“Pengunjung bisa berkunjung ke sini setiap hari mulai pukul 09.00 hingga 18.00 secara gratis,” pungkas Joo Hyun Park. san/R-1

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment