Robotik Pengepel Lantai | Koran Jakarta
Koran Jakarta | May 31 2020
No Comments

Robotik Pengepel Lantai

Robotik Pengepel Lantai

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

Mengepel lantai merupakan pekerjaan yang kadang melelahkan dan memakan banyak waktu, terutama bagi mereka yang memiliki ruangan luas. Bahkan seringkali pekerjaan ini kurang maksimal karena masih banyak tempat di celah sempit yang terlewatkan. Teknologi robotik dan kecerdasan buatan mengatasi beban pengepelan lantai.

Adalah LG yang menawarkan inovasi berupa pengepel lantai robotik berteknologi kecerdasan buatan, yang bekerja secara mandiri melalui model LG CordZeroThinQ Robotic Mop. Alat pel nirkabel tersebut mampu membersihkan lantai dengan maksimal, mengedepankan peningkatan kelengkapan fitur canggih dan keterhubungan untuk kemudahan pengepelan lantai rumah.

“Perkembangan pada berbagai pilihan lantai telah membuat proses penyedotan kotoran saja tidak lagi cukup bagi pembersihan lantai,” ujar Presiden LG Home Appliance & Air Solution Company Dan Song.

Teknologi yang dikenalkan pertama kalinya pada ajang CES 2020 di Las Vegas Amerika Serikat antara 7 – 10 Januari 2020 ini, dilengkapi dengan power drive dual spin mops berupa dua pengepel yang bekerja berbarengan untuk memastikan pembersihan optimal.

Hal ini didukung pengaturan jumlah penggunaan air sepanjang proses yang dapat menyesuaikan dengan tingkat kebutuhan pembersihan. Meski melakukan pekerjaan dengan tenaga besar, LG menyatakan perangkat ini memiliki tingkat kebisingan lebih rendah dibanding kulkas.

Alat ini memiliki Dual Eye Camera. Berada di bagian depan, keberadaan kamera ini membantu perangkat pengepel lantai robotik LG mendeteksi dan mengenali lingkungan sekitar saat beroperasi.

Salah satunya mencegah dari kemungkinan bertabrakan dengan furnitur ataupun benda lain di sekitar. Selain dirancang untuk melakukan pengepelan terprogram pada seluruh ruang, pengguna juga dapat memerintahkan perangkat ini khusus membersihkan area tertentu secara spesifik sesuai keperluan.

Saat sebuah area lantai ruang tertentu rumah memerlukan pengepelan khusus di luar program keseharian, melalui aplikasi LG ThinQ berbasis AI yang terinstal sebelumnya pada smartphone, pengguna dapat memerintahkan pada alat pel ini untuk melakukan pembersihan.

Pemanfaatan aplikasi LG ThinQ ini dapat digunakan untuk keterhubungan dengan perangkat vacuum cleaner canggih LG lain yang kompatibel lewat Wi-Fi. Konektivitas ini membuat proses pembersihan dengan vacuum cleaner selesai dilakukan, lalu secara otomatis mengirimkan pemberitahuan pada LG CordZeroThinQ Robotic Mop untuk berjalan dan melakukan pengepelan pada area tersebut. hay/R-2

Klik untuk print artikel
No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment