Koran Jakarta | August 21 2019
No Comments

RI Usung Tema Penanggulangan Terorisme di DK PBB pada 2020

RI Usung Tema Penanggulangan Terorisme di DK PBB pada 2020

Foto : ISTIMEWA
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – Indonesia akan mengusung tema penanggu­langan terorisme saat kembali menjabat sebagai Presiden Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB) pada September 2020. Hal itu disampaikan Direktur Jenderal Kerja Sama Multilateral Kementerian Luar Negeri RI, Febrian A Ruddyard, dalam taklimat pers di Jakarta, Selasa (11/6).

“Tema penanggulangan terorisme dipilih karena sesuai dengan kapasitas dan rekam jejak Indonesia, yang memiliki pengalaman cukup baik dalam isu penanggulangan teroris­me. Tema itu pun melihat kemampuan Indonesia yang su­dah cukup terbukti untuk isu tersebut,” ujar dia.

Febrian mengatakan Indonesia merupakan salah satu negara yang dinilai mumpuni dalam menangani isu penan­gulangan terorisme, khususnya dalam koridor hukum. “Ini merupakan salah satu keunggulan kita. Untuk penanganan terorisme, kita tidak pernah pakai penanganan extrajudicial (di luar hukum),” kata dia.

Febrian menambahkan, Indonesia pun menjadi contoh bagi banyak negara dalam hal melakukan pendekatan yang efektif untuk menanggulangi kekerasan ekstremisme. “Dari segi pendekatan, Indonesia jadi contoh banyak negara dalam melawan kekerasan ekstremisme,” pungkas dia. Ant/I-1

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment