Koran Jakarta | November 12 2019
No Comments
Lembaga Internasional

RI Terpilih Jadi Anggota Dewan HAM PBB

RI Terpilih Jadi Anggota Dewan HAM PBB

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

NewYork– Sebanyak 174 negara kembali memilih Indo­nesia menjadi anggota Dewan HAM PBB dalam Sidang Maje­lis Umum PBB ke-74, di New York, AS, Kamis (17/10) . Indo­nesia memperoleh perolehan suara tertinggi untuk kawasan Asia Pasifik dan terpilih ber­sama tiga negara lainnya dari grup Asia Pasifik, yaitu Jepang (165 suara), Republik Korea (165 suara), dan Marshall Is­lands (123 suara).

“Dukungan terhadap In­donesia adalah amanah dan bukti kepercayaan internasio­nal dan Indonesia memiliki re­kam jejak dan kontribusi yang tinggi dalam pemajuan HAM melalui kerja sama internasio­nal,” tegas Menteri Luar Negeri (Menlu) RI, Retno Marsudi, di Jakarta, sesaat setelah pemi­lihan berlangsung di Markas Besar PBB, New York.

Sebelumnya, Indonesia pernah menjadi anggota De­wan HAM PBB sebanyak em­pat kali, yakni pada periode 2006–2007 selaku founding member. Kemudian Jakarta terpilih kembali untuk masa jabatan 2007–2010, 2011–2014, kemudian 2015–2017 sebelum terpilih lagi pada tahun ini.

Dalam keterangan tertulis­nya, Jumat (18/10), Kementeri­an Luar Negeri (Kemenlu) RI menjelaskan, keanggotan De­wan HAM PBB bagi Indonesia merupakan bentuk pemenuh­an mandat konstitusi dan pe­negasan komitmen RI dalam penerapan norma HAM, tidak hanya global, melainkan juga di regional dan nasional.

“Kemenangan ini adalah hasil kerja keras seluruh ele­men bangsa dan untuk itu izinkan saya atas nama Ke­menterian Luar Negeri meng­ucapkan terima kasih kepada seluruh elemen bangsa, ter­masuk rekan-rekan media,” kata Menlu Retno.

Perlu diketahui, Dewan HAM PBB yang berlokasi di Jenewa merupakan organi­sasi antarpemerintah di PBB. Dewan yang terdiri atas 47 negara anggota PBB dan ber­tanggung jawab untuk mem­perkuat pemajuan dan pelind­ungan HAM di seluruh dunia, menangani situasi pelanggar­an HAM serta membuat reko­mendasi terkait hal tersebut.

Sementara itu, Venezuela juga terpilih sebagai anggo­ta Dewan HAM PBB mewakili Amerika Latin. Venezuela ber­ada di posisi kedua di bawah Brasil. Kemenangan Venezuela mendapat protes dari Amerika Serikat. ang/AFP/P-4

Klik untuk print artikel
No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment