RI-Korsel Sepakati Kerja Sama Perjalanan Bisnis | Koran Jakarta
Koran Jakarta | September 19 2020
No Comments
Hubungan Bilateral

RI-Korsel Sepakati Kerja Sama Perjalanan Bisnis

RI-Korsel Sepakati Kerja Sama Perjalanan Bisnis

Foto : HANDOUT KEMLU RI
Retno Marsudi
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – Indonesia telah menyepakati kerja sama per­jalanan bisnis (essential busi­ness travel corridor arrange­ment) dengan Korea Selatan (Korsel). Peraturan tentang perjalanan bisnis RI-Korsel itu mulai berlaku pada 17 Agus­tus 2020.

Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi, berharap melalui kesepakatan ini, kerja sama investasi dan bisnis kedua negara dapat tetap berjalan dengan baik pada masa pan­demi Covid-19.

Kerja sama ini juga di­harapkan dapat memfasilitasi kunjungan sektor swasta dan pebisnis esensial yang akan melanjutkan berbagai proyek kerja sama investasi dan bis­nis kedua negara.

Dengan demikian, kegiatan ekonomi kedua negara dapat tetap berjalan tanpa mengorbankan protokol kesehatan.

“Pada hari ini, saya umum­kan bahwa Essential Business Travel Corridor Arrangement dengan Korea Selatan telah disepakati dan akan berlaku mulai senin 17 Agustus 2020, bertepatan dengan perin­gatan kemerdekaaan RI ke- 75,” kata Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi, dalam konfe­rensi pers secara daring, Ka­mis (13/8).

Retno menjelaskan kerja sama perjalanan bisnis ini khusus bagi urusan bisnis dan diplomasi. Aturan ini tidak mengakomodasi izin perjala­nan wisata.

“Bahwa travel corridor ini diperuntukkan untuk pebis­nis esensial, kalangan diplo­matik, dan dinas, dan tidak mencakup kunjungan untuk wisata,” ujar dia.

Atas kerja sama ini, Retno pun menyampaikan terima kasih kepada Menlu Korea Selatan, Kang Kyung-wha. Retno mengatakan Indone­sia sebelumnya juga telah menyepakati essential busi­ness travel corridor arrange­ment dengan Uni Emirat Arab (UEA) yang berlaku sejak 29 Juli 2020. n P-4

Klik untuk print artikel
No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment