Koran Jakarta | April 20 2019
No Comments

Revitalisasi Sungai Citarum Ditargetkan Selesai 7 Tahun

Revitalisasi Sungai Citarum Ditargetkan Selesai 7 Tahun

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

BANDUNG – Pemerintah segera mengucurkan dana untuk program Citarum Harum Juara sebesar 605 miliar rupiah. Upaya revitalisasi Sungai Citarum ditargetkan sele­sai dalam waktu tujuh tahun, seperti permintaan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Dana akan turun Maret nanti, sebesar 650 miliar rupiah. Itu untuk tahun 2019. Tahun depan bisa lebih besar lagi,” kata Menko Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan pada acara Expo Citarum 2019, di Gedung Sabilulungan Soreang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat (Jabar), Selasa (19/2).

Dalam pertemuan kemarin, Luhut mengatakan, Gu­bernur Jabar Ridwan Kamil menyatakan sanggup untuk menyelesaikannya hanya dalam jangka waktu lima tahun. Program ini dimulai sejak Maret 2018. Pada Maret nanti su­dah genap setahun. Jadi anggaran akan kembali ditambah. Program detailnya ada di gubernur, pemerintah pusat ha­nya mengintergrasikan saja.

Selain mengandalkan dari APBN, tambah Luhut, pro­gram Citarum Harum Juara sudah mulai mendapatkan perhatian dari institusi bisnis dengan menyalurkan CSR untuk program pemulihan Citarum. Demikian pula de­ngan pihak perguruan tinggi yang sudah mulai ikut ambil bagian melalui sejumlah penelitian dan KKN.

Luhut mengatakan akan dibuat kanal-kanal di sepanjang aliran Sungai Citarum oleh Kementerian PUPR. Kanal ini dibuat untuk mengurangi kemungkinan banjir yang sering terjadi di bantaran Citarum. Ini program bersama, bukan pen­citraan. Jangan terus bertengkar. Pencemaran harus bebas. Ja­ngan sampai mencemari warga sekitar Citarum. tgh/N-3

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment