Koran Jakarta | December 17 2018
No Comments
Cuaca Ekstrem

Ratusan Ribu Orang Tanpa Listrik di Ottawa setelah Dilanda Tornado

Ratusan Ribu Orang Tanpa Listrik di Ottawa setelah Dilanda Tornado

Foto : AFP/Vincent-Carl LERICHE
Akibat Tornado - Topan Tornado menghancurkan bangunan rumah dan kendaraan di Kota Mont-Bleu, Gatineau, Provinsi Quebec, Kanada, Jumat (21/9). Sekitar 30 orang terluka, enam di antaranya dirawat di rumah sakit dan dua dalam kondisi kritis. Badai itu juga memotong aliran listrik di seluruh wilayah tersebut.
A   A   A   Pengaturan Font

OTTAWA - Angin Tornado meluluhlantakkan beberapa wilayah utama Kanada, khususnya Ottawa. Puluhan orang mengalami luka serius dan ratusan ribu orang terjebak tanpa pasokan listrik sejak Sabtu (23/9).

Angin kencang berkekuatan 200 kilometer per jam itu juga menyebabkan puluhan rumah hancur dan mobil beterbangan ke udara. Wali Kota Ottawa, Jim Watson, menyamakan terjangan Tornado dengan pengeboman dan menyebutkan sebagai salah satu peristiwa traumatis dalam sejarah Kanada.

“Saya belum pernah mengalami hal seperti ini sepanjang hidupku di Ottawa. Ini seperti sesuatu dari adegan film atau adegan perang. Tornado ini termasuk dua atau tiga peristiwa traumatis terparah dalam sejarah,” kata Watson.

Tornado juga menghancurkan rumah di Kota Dunrobin, sebelum melintas ke Kota Gatineau, yang terletak langsung di utara Ottawa di Provinsi Quebec. Sekitar 30 orang terluka, enam di antaranya dirawat di rumah sakit dan dua dalam kondisi kritis. Ottawa dan Gatineau memiliki penduduk sekitar 1,3 juta orang.

Badai itu juga memotong aliran listrik di seluruh wilayah. Watson memperkirakan, diperlukan beberapa hari untuk memulihkan aliran listrik bagi semua orang warga yang terdampak.

Di lingkungan Mont-Bleu di Gatineau, seorang warga merekam video yang menunjukkan ratusan puing-puing bangunan berputar di udara di antara gedung-gedung. “Terjadi pemadaman listrik dan kurang dari satu menit kemudian, angin mulai menghantam jendela,” kata Vincent-Carl Leriche.

“Tornado itu sendiri berlangsung kurang dari dua menit. Puing-puing itu terbang di mana-mana, saya belum pernah melihat yang seperti itu, kecuali di Hollywood,” tambahnya. Kanada Tengah umumnya mengalami puluhan bencana Tornado dalam setahun, terutama pada Juni atau Juli, namun jarang dengan intensitas yang kuat.

“Kami telah kehilangan segalanya. Saya hanya punya kulkas bir yang masih ada di garasi - hanya ini yang tak tersentuh,” kata Todd Nicholson, warga Ottawa. Dia sedang tidak di rumah ketika Tornado menghantam kota itu.

Perdana Menteri Quebec, Philippe Cuillard, menghentikan kampanyenya menjelang pemilihan umum di tingkat provinsi pada 1 Oktober untuk pergi ke Gatineau. AFP/P-4

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment