Koran Jakarta | June 20 2019
No Comments
VARIA

Ratusan Ribu Anak Tinggal di Panti Asuhan

Ratusan Ribu Anak Tinggal di Panti Asuhan

Foto : ISTIMEWA
A   A   A   Pengaturan Font

BANDUNG – Saat ini sebanyak 315 ribu lebih anak-anak dirawat dan diasuh di rumah panti asuhan. Jumlah panti asuhan anak di seluruh Indonesia yang teregistrasi Kemen­terian Sosial mencapai 5.540 lokasi.

“Ada ribuan anak-anak tanpa orang tua yang kini diasuh di 5.540 lokasi panti asuhan di seluruh Indonesia. Secara riil tentu jumlahnya bisa lebih banyak, tetapi ini yang da­pat kami lakukan,” ujar Yanto Mulya Pibiwanto, Ketua Fo­rum Nasional Lembaga Kesejahteraan Anak – Panti Sosial Asuhan Anak (Fornas LKSA-PSAA), Yanto Mulya Pibiwanto, di Bandung, Jawa Barat, Kamis (26/7).

Ia mengatakan anak-anak yang terlantar sudah dilindungi undang-undang, namun pada kenyataannya belum semua mendapatkan hak-hak untuk hidup layak. Melalui pertemu­an forum panti asuhan seluruh Indonesia, ia berharap per­hatian kepada anak-anak yatim piatu bisa lebih baik.

“Kami saling berkomunikasi untuk memberikan du­kungan, forum sendiri sudah ada sejak tahun 2014, namun baru tahun ini, pengurus panti asuhan dari 26 provinsi bisa bertemu dan melaksanakan munas,” tegasnya.

Ia mengatakan permasalahan sosial anak seperti gizi bu­ruk, kekerasan, eksploitasi, penelantaran, pelecehan seksu­al, dan kejahatan di bawah umur memerlukan kepedulian dan kepekaan sosial seluruh elemen masyarakat. tgh/E-3

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment