Rasa Pancasila Harus Ada di Setiap Kebijakan | Koran Jakarta
Koran Jakarta | December 9 2019
1 Comment
Sosialisasi Ideologi I DMI Pantau Aktivitas di Masjid

Rasa Pancasila Harus Ada di Setiap Kebijakan

Rasa Pancasila Harus Ada di Setiap Kebijakan

Foto : ANTARA/PUSPA PERWITASARI
PEMBUMIAN PANCASILA I Presiden Joko Widodo bersama Wakil Presiden Ma’ruf Amin dan Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Megawati Soekarnoputri menghadiri Presidential Lecture Internalisasi dan Pembumian Pancasila di Istana Negara, Jakarta, Selasa (3/12).
A   A   A   Pengaturan Font
Presiden meminta di setiap produkproduk kebijakan, regulasi, perundangan harus nampak rasa ideologi Pancasila.

 

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menekankan kepada semua pihak terhadap pentingnya terus-menerus memegang teguh ideologi Pan­casila. Sebab, dengan ideologi tersebut Indonesia tetap kokoh dan bersatu hingga saat ini.

“Tidak mungkin negara sebesar kita, Indonesia, bisa kokoh bersatu kalau ideologinya berbeda-beda, mau ke mana kita, mau ke mana kita kalau seperti itu. Itulah pentingnya ideologi,” kata Presiden Jokowi dalam acara Presidential Lecture: Internalisasi dan Pembumian Pan­casila, di Istana Negara, Jakar­ta, Selasa (3/12).

Hadir dalam acara ini, Wa­pres KH Ma’ruf Amin, Presiden ke-5 RI yang juga Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Megawati Soekarnoputri, dan para menteri kabinet Indone­sia Maju.

Presiden meminta kepada semua pihak mulai dari ke­menterian, lembaga, TNI, Pol­ri, Kejaksaan, hingga Badan In­telijen Negara terus-menerus ikut dalam membumikan ideologi Pancasila. Dalam se­tiap kepemimpinan apa pun di lembaga atau negara, ideologi itu harus dipegang lembaga-lembaga itu mestinya.

“Kepemimpinan harus me­miliki ideologi tanpa disampai­kan, tapi rasa memiliki ideologi kelihatan,” ucap Presiden.

Caranya, lanjut Presiden, di setiap produk-produk kebi­jakan, regulasi, perundangan harus nampak rasa ideologi tersebut. “Ideologi Pancasila harus nampak di situ. Rasa ideologi Pancasila harus ada. Kalau tidak, kita nggak tahu mau ke mana kita,” jelasnya.

Selain itu, Presiden juga menyampaikan pembumian Pancasila juga bisa dilaku­kan lewat media sosial (med­sos). Bila media sosial tidak bisa dimanfaatkan untuk kepentingan positif akan sangat berbahaya serta bisa diman­faatkan untuk penyebaran ideologi lain.

“Tolong digarisbawahi, menyerap informasi, pengeta­huan, nilai-nilai, dari banyak media. Saya lebih detailkan lagi satu layanan chatting WA, Telegram, Line, hati-hati le­wat ini penyebaran dimulai. Layanan video, tv YouTube, kita harus cepat kalau tidak mau keduluan yang lain, juga media sosial IG, FB, Twitter. Karena, sekali main bisa 2–3 juta ideologi Pancasila harus kita sebarkan, banjiri narasi Pancasila, kalau tidak akan kedahuluan idoelogi baru yang menggunakan barang yang tadi saya sebut,” tegas Presiden.

Terpapar Radikalisme

Sebelumnya, Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Megawati Soekarnoputri, sem­pat menyinggung mengenai masjid-masjid di Kementerian yang diduga terpapar radika­lisme karena menyampaikan kegiatan terkait ideologi selain Pancasila.

“Masjid kita, apakah masjid itu memang penyampaiannya kebencian? Merusak, tidak toleran, nah ini pikiran ini mau disatukan, apa arti? Penawar, itu harus jadi satu. Masih banyak saya ketahui di masjid ke­menterian,” kata Megawati.

Sebab itu, Mega meminta kepada Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI), Jusuf Kalla, agar ikut membantu meman­tau aktivitas kegiatan di masjid.

Megawati juga menye­but Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Refor­masi Birokrasi, Tjahjo Kumolo, terkait hal ini. Menurutnya, Tjahjo memiliki tugas berat untuk memikirkan ASN yang terpapar radikalisme.

“Seperti ASN, sekarang yang pusing kepala sebetulnya Pak Tjahjo,” tutupnya. fdl/P-4

Klik untuk print artikel

View Comments

jessi
Rabu 4/12/2019 | 08:46
Ayoo.. Kunjungi dan bergabung bersama Sport165 titik co sarana Game online yang memberikan kenyamanan buat para maniac gamers.!! Bonus bonus yang menakjubkan selalu di persiapkan
untuk teman teman yang ingin bergabung bersama yang kami, yuks.. jangan buang waktu segera buktikan kalau Sport165 titik co paling best ya guys...

Submit a Comment