Putin-Xi Resmikan Jalur Pipa Gas Russia-Tiongkok | Koran Jakarta
Koran Jakarta | December 9 2019
No Comments
LINTAS NEGARA

Putin-Xi Resmikan Jalur Pipa Gas Russia-Tiongkok

Putin-Xi Resmikan Jalur Pipa Gas Russia-Tiongkok

Foto : AFP/Noel CE
A   A   A   Pengaturan Font

MOSKWA – Russia dan Tiongkok pada Senin (2/12) meresmikan beroperasinya jalur pipa gas terbesar yang menghubungkan dua negara. Pembangunan jalur pipa gas itu merupakan satu dari tiga megaproyek jalur pipa gas yang akan menjadikan Russia sebagai eksportir gas terbesar di dunia.

“Hari ini merupakan even bersejarah bukan semata-mata bagi pasar energi global, namun yang pertama kali bagi Russia dan Tiongkok,” kata Presiden Russia, Vladimir Putin, saat menyampaikan pidato peresmian via sambungan panggilan video.

“Proyek ini merupakan contoh kerja sama dan pembangunan hubungan Sino-Russia, serta akan jadi prioritas kebijakan luar negeri bagi dua negara,” sambung Presiden Tiongkok, Xi Jinping. Jalur pipa gas Russia-Tiongkok merupakan proyek konstruksi terbesar di dunia yang membentang sepanjang 3.000 kilometer dan mulai dikerjakan sejak 2014.

Selain Jalur pipa gas Russia-Tiongkok, Moskwa dalam waktu dekat juga akan meresmikan dua proyek jalur pipa gas lainnya yang menghubungkan Russia dengan Turki (TurkStream) yang akan diresmikan pada Januari 2020 dan jalur pipa gas RussiaJerman (Nord Stream-2) yang akan diresmikan pada pertengahan 2020. SB/AFP/I-1

Klik untuk print artikel
No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment