Koran Jakarta | August 18 2018
No Comments

Puerto Rico Pertimbangkan Kembali Jadi Negara Bagian AS

Puerto Rico Pertimbangkan Kembali Jadi Negara Bagian AS

Foto : AFP/Brendan Smialowski
Sikap Puerto Rico l Gubernur Puerto Rico, Ricardo Rossello, berpidato soal kemungkinan pemerintahannya untuk bergabung jadi negara bagian Amerika Serikat ke-51 di Capitol Hill, Washington DC, Rabu (10/1). Perubahan sikap Puerto Rico ini terjadi karena kondisi negara persemakmuran itu kian pailit pasca dilanda topan dashyat Maria pada September lalu.
A   A   A   Pengaturan Font

WASHINGTON DC – Negara persemakmuran Amerika Serikat (AS), Puerto Rico pada Rabu (10/1) kembali mempertimbangkan untuk jadi negara bagian ke-51 AS dengan syarat warganya tak diperlakukan sebagai warga kelas dua.

“Kini saatnya untuk mengakhiri perlakukan terhadap warga Puerto Rico sebagai warga negara kelas dua dan menjadi negara bagian AS adalah satu-satunya jaminan untuk hal itu,” kata Gubernur Puerto Rico, Ricardo Rossello, dalam konferensi pers di Washington DC.

Pada Juni 2017 lalu, telah digelar referendum bagi menentukan nasib Puerto Rico apakah akan tetap jadi negara bagian AS atau tetap jadi negara persemakmuran. Referendum ini dilakukan saat negara itu pailit. Sayangnya referendum yang sifatnya tak mengikat itu memutuskan bahwa negara di Karibia itu tetap jadi negara persemakmuran.

Pertimbangan untuk menjadi negara bagian AS kembali menghangat setelah perekonomian Puerto Rico kian tertatih-tatih dan mengalami kemandekan setelah negara persemakmuran dilanda topan dahsyat Maria pada pertengahan September 2017 lalu. AFP/I-1

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment