Koran Jakarta | October 14 2019
No Comments

PT INKA-ITS Kembangkan Purwarupa Penggerak Trem Listrik

PT INKA-ITS Kembangkan Purwarupa Penggerak Trem Listrik

Foto : KORAN JAKARTA/SELOCAHYO
MOTOR UNTUK TREM - Rektor ITS, Joni Hermana (kiri) dan Direktur Teknologi dan Komersial PT INKA (Persero), Agung Sedaju, menyaksikan cara kerja purwarupa sistem penggerak atau motor untuk trem listrik, di Kampus ITS, Surabaya, Jawa Timur, Jumat (8/3).
A   A   A   Pengaturan Font

SURABAYA – Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) menyerahkan purwarupa sistem penggerak atau mo­tor untuk trem listrik kepada PT INKA (Persero). Selanjut­nya prototipe ini akan dipasang di kereta, untuk uji coba di jalan sejauh 1.000 kilometer. Kalau berhasil, enam bulan setelah itu sudah siap digunakan.

“Yang tertarik dengan produk ini adalah Pemkot Yogya­karta, Surabaya, dan Semarang untuk digunakan sebagai sarana transportasi dalam kota,” kata Direktur Teknologi dan Komersial PT INKA (Persero), Agung Sedaju, seusai acara serah terima purwarupa sistem penggerak atau mo­tor untuk trem listrik, di Kampus ITS, Surabaya, Jawa Timur, Jumat (8/3). Penyerahan yang disaksikan Dirjen Penguatan Inovasi Kemenristekdikti, Jumain Appe tersebut dilakukan oleh Rektor ITS, Joni Hermana kepada Agung Sedaju.

Direktur Pusat Unggulan Iptek Sistem dan Kontrol Oto­motif ITS, Muhammad Nur Yuniarto menambahkan pur­warupa tersebut merupakan prototipe sistem penggerak trem listrik pertama dengan ukuran paling besar yang per­nah dibuat di Indonesia. Ini sebagai wujud sinergi antara dunia industri dan pendidikan.

“Banyak tantangan yang kami hadapi. Dari sisi power yang harus dihasilkan sampai 300 Kw, simulasi kekuatan material dan lainnya. Kelebihan akan teknologi trem ini yakni ramah lingkungan karena menggunakan teknologi baterai dan tingkat kebisingan yang rendah sehingga sa­ngat cocok bila dioperasikan di tengah kota yang untuk me­ngurangi kemacetan,” kata Yuniarto. SB/N-3

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment