Koran Jakarta | July 19 2019
No Comments

Proyek Tol Banda Aceh-Sigli Progresif

Proyek Tol Banda Aceh-Sigli Progresif

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono menilai pembangunan Jalan Tol Banda Aceh-Sigli sepanjang 74,82 kilometer (km) yang dimulai sejak Desember 2018 terbilang cepat, khususnya dalam pembebasan lahan. Karenanya, pekerjaan konstruksi diharapkan dapat berjalan dengan baik.

“Pembangunannya baru dimulai sekitar 3 bulan lalu, saat ini sudah bisa land clearing. Melihat lahan yang dibebaskan merupakan tanah warga saya kira progresnya sangat cepat,” ungkapnya di Jakarta, Kamis (14/3).

Data terbaru menunjukkan saat ini progres pembebasan lahan jalan tol tersebut sudah sebesar 29,18 persen atau sepanjang 21,83 km dari total panjang 74,82 km. Khusus di seksi 4, lahan yang sudah dibebaskan sepanjang 12,68 km dari total panjang 14,71 km.

Pembangunan jalan tol Banda Aceh-Sigli merupakan salah satu ruas Tol Trans Sumatera yang menjadi proyek strategis nasional hingga ke Lampung. Dengan dibangunnya tol akan memangkas jarak dan waktu tempuh perjalanan dari Banda Aceh ke Sigli dari sekitar 2-3 jam menjadi 1 jam perjalanan. Secara keseluruhan ruas tol Banda Aceh-Sigli ini nantinya akan terbagi enam seksi. Total investasi untuk pembangunan ruas tol Sigli-Banda Aceh ini diperkirakan sebesar 12,35 triliun rupiah. ers/E-10

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment