Koran Jakarta | December 15 2017
No Comments
Festival South by Southwest 2017

Produk Kreatif Domestik Berpotensi Menuju Pasar Global

Produk Kreatif Domestik Berpotensi Menuju Pasar Global

Foto : foto-foto: dok panitia Festival South by Southwest 2017
Ketua Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) Triawan Munaf ketika membuka event Festival South by Southwest (SXSW) 2017 dalam tema “Archipelageek from Indonesia SXSW 2017” di Jakarta.
A   A   A   Pengaturan Font

Bertemakan “Archipelageek from Indonesia to SXSW 2017”, BEKRAF berangkatkan sebelas start-up, perusahaan teknologi dan satu unit band terbaik Indonesia ke pasar global.

Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) menunjukkan komitmennya mendukung perkembangan produk dan pelaku ekonomi kreatif dengan mengirimkan perwakilan Indonesia dalam event Festival South by Southwest (SXSW) 2017 di Austin, Texas – Amerika Serikat (AS).

Dalam even SXSW, delegasi Indonesia yang terdiri dari 4 start-up dan 7 perusahaan teknologi pilihan ini berkesempatan untuk memamerkan produk kreatif mereka di booth atau pavilion Indonesia bernama Archipelageek.

Start-up dan perusahaan teknologi yang berkesempatan mengikuti SXSW 2017 adalah Digital Happiness, Qlue, Happy5, Kuassa, Anymo, Avani, Gojek, Bli-bli, Kaskus, Slingshot, dan Picmix. Selain itu, ada pula band Lightcraft yang juga berkesempatan tampil secara live di ajang internasional tersebut.

Deputi Bidang IV Pemasaran BEKRAF Josua Puji Mulia Simanjuntak mengatakan bahwa keikutsertaan Indonesia melalui Archipelageek from Indonesia to SXSW 2017 merupakan bentuk dukungan pemerintah meningkatkan secara signifikan kontribusi ekspor ekonomi kreatif ke dalam pertumbuhan ekonomi secara keseluruhan.

“Pemerintah melalui BEKRAF ikut serta dalam kegiatan ini untuk membuka pintu bagi produk kreatif ke pasar global, khususnya di sub-sektor musik, film, dan start-up teknologi,” ungkapnya pada acara Press Conference dan Sharing Session ‘Archipelageek from Indonesia SXSW 2017’ di Lounge XXI Plaza Senayan, Jakarta, pekan lalu.

Diadakan sejak 1987 di Austin, Texas – Amerika Serikat, Festival SXSW telah dikenal luas sebagai event tahunan dunia yang menjadi wadah konferensi merayakan konvergensi industri interaktif, musik, dan film. Keikutsertaan Indonesia dalam ajang SXSW 2017 melalui Archipelageek membuka kesempatan bagi pelaku industri kreatif Indonesia menampilkan produk terbaik mereka sekaligus memperluas jaringan global. Sementara itu, Direktur Pengembangan Pasar Luar Negeri BEKRAF, Bonifasius Pudjianto menambahkan, keikutsertaan Indonesia di SXSW 2017 merupakan momentum tepat.

“Hal ini untuk membuka akses bagi musisi, produser film, pengusaha, dan pengembang teknologi kreatif Indonesia untuk mendunia,” ungkapnya saat menjadi moderator sharing session Archipelageek from Indonesia SXSW 2017’ bersama Slingshot, Avani, dan Bli-Bli. ima/R-1

Memperluas Akses Bisnis

Keuntungan ketika bergabung dalam ajang Internasional ialah dapat memperluas peluang dan akses bisnis.

Arie Ardiansyah, CTO & Founder Kuassa mengatakan di Festival SXSW, Kuassa dapat berinteraksi secara langsung dengan penggunanya dari Amerika Serikat yang juga merupakan pasar terbesar bagi Kuassa.

“Festival ini memberikan kesempatan mendapatkan saran untuk berbagai fitur, design user interface, hingga suara,” terang Arie. Hal senada juga diungkapkan Kevin Kumala, Founder/Chief Green Officer – Avani, yang menyatakan perusahaan teknologi yang digawanginya berkesempatan untuk bisa terekspos ke pasar internasional dan mendapatkan potensi penambahan modal dari investor di luar negeri.

Lightcraft, band yang menjadi satu-satunya perwakilan dari sub-sektor musik, juga merasakan dampak positif, tampil secara langsung dihadapan penonton International. Selain dapat menunjukan eksistensi dan kapabilitas bermusik. Band yang beraliran indierock/ dream ini mengaku selama berada di SXSW 2017, mereka bertemu dan berkenalan dengan banyak sekali individu penting di industri musik dunia. “Dari sini kami mendapat banyak pelajaran agar dapat terus berkembang sebagai band dan sebuah unit bisnis,” tutur Imam Surataruna, vokalis Lightcraft.

Menutup acara Sharing Session Archipelageek from Indonesia SXSW 2017, BEKRAF juga mengumumkan rencana untuk melanjutkan keikutsertaan strategis Indonesia di SXSW 2018 yang akan diselenggarakan pada 9 – 18 Maret 2018 di Austin, Texas, Amerika Serikat.

Tiga sub-sektor yang akan berpartisipasi adalah Film, Musik, dan Interaktif. Informasi tentang pendaftaran dan persyaratan akan dibuka pada 26 Juni 2017, untuk informasi lebih lanjut dapat mengakses situs resmi BEKRAF ( www. bekraf.go.id). ima/R-1

Sambut Tiga Juta Pelanggan

Sementara itu, pada kesempatan berbeda, pertumbuhan pengguna 4G semakin meningkat. Hal ini disebabkan oleh pengembangan infrastruktur yang semakin baik dan ketersediaan paket internet yang variatif. PT Internux sebagai operator BOLT 4G Ultra LTE yang merupakan pionir layanan 4G LTE di Indonesia mengumumkan pencapaiannya menembus 3 juta pelanggan 4G pada Juni 2017.

Untuk mengapresiasi pelanggan, pada kesempatan ini BOLT mengumumkan kampanye barunya “BOLT 4Gila-Gilaan untuk Mereka yang Gila-Gilaan internetan”. Program ini menawarkan kesempatan pada pelanggan untuk bisa internetan ngebut sepuasnya khususnya di rumah tanpa takut batasan kuota dan tanpa batasan waktu, baik siang maupun malam hari.

“Komitmen kami adalah meningkatkan kualitas dengan memberikan layanan internet yang cepat, stabil, harga terjangkau dan tanpa batasan kuota dengan pilihan perangkat yang semakin beragam,” kata Chief Product Officer BOLT Billy Abe, di Jakarta, baru-baru ini. Sejauh ini ada dua paket yang dapat dinikmati, yaitu Unlimited Mobile Package dan Unlimited Home Package dengan minimum berlangganan 12 bulan. Khusus pelanggan prabayar dapat menikmati Gratis Internet Unlimited mulai pukul 17.00-19.00 WIB setiap hari selama bulan Ramadan, sementara pelanggan pascabayar dapat menikmati Speed upgrade (syarat dan ketentuan berlaku).

Selain itu untuk mempermudah pelanggan menikmati pengalaman berinternet yang gila-gilaan, BOLT hadirkan aplikasi games bernama BOLT Game Store, yang berkolaborasi dengan penerbit game besar di dunia diantaranya, Electronic Arts,Cartoon Network, Zeptolab dan Alawar Entertainment.

“Selain meningkatkan kapasitas infrastruktur, BOLT juga terus memberikan kemudahan bagi pelanggannya untuk mengeskplorasi internet lebih jauh, termasuk menyediakan berbagai aplikasi games yang cocok untuk pelanggan BOLT,” pungkas Billy. ima/R-1

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment