Koran Jakarta | December 17 2017
No Comments
Penggerak Ekonomi

Produk Industri Kreatif Digital Jabar Kian Diminati

Produk Industri Kreatif Digital Jabar Kian Diminati

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

BANDUNG – Industri kreatif Jawa Barat (Jabar) menyumbang 33 persen ekspor, dari total pasar ekspor industri kreatif nasional yang mencapai 118 triliun rupiah. Pasar ekspor itu meliputi Amerika Serikat (AS), Jepang dan Korea Selatan yang sebenarnya juga menjadi negara penghasil industri kreatif. “Tak tanggung-tanggung, ekspornya ke negara produsen industri kreatif, artinya produk kreatif asal Jabar diminati di dunia,” tegas Wakil Gubernur Jabar Deddy Mizwar saat membuka Festival Wira Usaha Baru di Bandung, Rabu (6/12).

Dia mengatakan pelaku industri digital saat ini sudah sangat banyak mulai dari kelas UMKM hingga industri digital besar. Salah satu kawasan di Jabar yakni Baros Kota Cimahi bahkan menjadi komunitas penting atas perkembangan industri kreatif digital di Jabar. Selain WUB 2017 yang mengambil tema digitalisasi usaha, di Kota Bandung berlangsung kegiatan festival kreatif, yakni Bandung Internasional Digital Arts Festival (Bidaf ) 2017 di kampus Telkom Universty dan Bekraf Festival di Creativ Hub Jalan Gudang Selatan Kota Bandung.

Acara tersebut akan dilaksanakan pada 7-10 Desember 2017, di gedung Bandung Creative Hub (BCH) Jalan Laswi dan Gudang Persediaan PT. KAI Jalan Sukabumi Kota Bandung. Deputi Riset, Edukasi, dan Pengembangan Bekraf Abdur Rohim Boy mengatakan Bandung saat ini telah menjadi rumah bagi banyak aktivis kreatif yang kemudian memberikan kontribusi bagi peningkatan ekonomi kota. “Apalagi Bandung telah masuk ke dalam Jaringan Kota Kreatif Dunia oleh UNESCO dalam bidang desain,” katanya.

Kontribusi ke PDB Bekraf Festival kegiatan eksibisi yang digelar Bekraf untuk memberikan informasi tentang berbagai capaian Bekraf sejak didirikan pada 2015. Di dalamnya akan ditampilkan berbagai produk dari 16 subsektor ekonomi kreatif. Keenambelas subsektor tersebut antara lain aplikasi dan pengembangan game, arsitektur dan desain interior, desain komunikasi visual, desain produk, fesyen, film, animasi video, fotografi, kriya, kuliner, musik, penerbitan, periklanan, seni pertunjukan, seni rupa, televisi dan radio. tgh/E-10

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment