Koran Jakarta | April 18 2019
No Comments

Presiden Korsel Ingin Kembali Bertemu dengan Kim Jong-un

Presiden Korsel Ingin Kembali Bertemu dengan Kim Jong-un

Foto : AFP/Nicholas Kamm
Media si Moon l Presiden Korsel, Moon Jae-in, berjabat tangan dengan Presiden Donald Trump, saat Moon melakukan kunjungan kenegaraan ke Gedung Putih pada 11 April lalu. Salah satu agenda kunjungan Moon ke AS yaitu untuk memediasi hubungan diplomatik AS-Korut yang mengalami kemandekan.
A   A   A   Pengaturan Font

SEOUL – Presiden Korea Selatan (Korsel), Moon Jae-in, mengatakan bahwa dirinya siap pergi kemana pun untuk bertemu kembali dengan Kim Jong-un dalam pertemuan tingkat tinggi ke-4. Hal itu disampaikan Presiden Moon pada Senin (15/4) setelah ia mengetahui bahwa pemimpin Korea Utara (Korut) bersedia kembali berunding dengan Amerika Serikat (AS).

“Saat Korut siap, saya harap dua Korea bisa kembali duduk bersama dimana pun tempatnya. Saya akan meluangkan waktu untuk memastikan KTT antar-Korea nanti jadi batu loncatan bagi peluang yang lebih besar maupun hasil yang lebih signifikan,” kata Presiden Moon.

Pada Jumat (12/4) , Kim Jong-un mengatakan bahwa ia bersedia untuk bertemu kembali dengan Presiden Donald Trump, setelah AS menawarkan pertemuan tingkat tinggi ke-3. Presiden Moon sebelumnya pun telah berkunjung ke AS dan bertemu dengan Presiden Trump untuk membicarakan cara mengatasi kemandekan diplomasi AS-Korut.

Sebelumnya pada tahun lalu, Trump untuk pertama kalinya bertemu Kim Jong-un di Singapura. Pada Februari lalu, kedua pemimpin negara AS-Korut itu kembali bertemu di Hanoi, Vietnam, namun sejauh ini dua pertemuan itu belum menghasilkan kesepakatan yang signifikan terkait perbaikkan hubungan diplomasi.  AFP/I-1

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment