Koran Jakarta | October 20 2019
No Comments
Tokoh Negara

Presiden Jokowi-SBY Bahas Isu Krusial

Presiden Jokowi-SBY Bahas Isu Krusial

Foto : antara/Puspa Perwitasari
Bertemu SBY I Presiden Joko Widodo (kanan) berbincang dengan mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dalam pertemuan di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (10/10).
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – Presiden Joko Widodo bertemu dengan Ke­tua Umum Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), di Istana Merdeka, Ja­karta, Kamis (10/9). Mereka membahas sejumlah isu-isu krusial, termasuk permasalah­an politik, keamanan, hingga urusan ekonomi.

“Yang kami bahas terutama berkaitan situasi eksternal dari sisi ekonomi, yang kita semua hati-hati karena perkembang­an ekonomi dunia. Masalah dunia yang menuju pada re­sesi. Bicara banyak. Masalah dalam negeri, masalah politik,” ujar Jokowi setelah bertemu dengan SBY di Istana Merdeka, Jl Medan Merdeka Utara, Ja­karta, Kamis.

Isu lainnya yang dibahas dalam pertemuan itu adalah peluang Partai Demokrat ber­gabung ke kabinet mendatang. “Kita bicara itu tapi belum sampai sebuah keputusan,” ujar Jokowi.

Sejak 2014 lalu, Partai Demokrat berada di luar pe­merintahan Jokowi-Jusuf Kala. Namun, pemerintahan Jokowi-JK akan segera berakhir pada 20 Oktober mendatang dan berganti ke pemerintahan ke­dua Jokowi bersama Ma’ruf Amin. Demokrat sendiri sudah menyatakan siap memban­tu kabinet Jokowi mendatang meski sebelumnya bergabung dengan koalisi rival, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Jokowi menjelaskan, SBY memberikan banyak masukan terkait pemerintahan Jokowi periode keduanya bersama Ma’ruf Amin. Tetapi dalam pertemuan itu belum ada pem­bahasan nama kader Partai Demokrat yang diusulkan un­tuk mengisi pos kabinet Jokowi, termasuk Agus Harimurti Yu­dhoyono (AHY).

Nggak sampai ke sana, be­lum sampai ke sana, belum,” tegas Jokowi.

Jokowi pun meminta war­tawan bertanya kepada SBY apakah bersedia membawa partainya bergabung ke peme­rintahan atau tidak. “Ditanya­kan ke Pak SBY langsung,” kata dia.

Namun, SBY tak ikut mem­beri keterangan kepada awak media. Usai pertemuan sela­ma satu jam, ia langsung me­ninggalkan Istana. Presiden Jokowi mengantarkan Presi­den keenam RI itu sampai ke pintu depan Istana Merdeka. Di sana mobil golf sudah me­nunggu untuk mengantar SBY menuju kendaraannya. Setelah itu, Jokowi kembali masuk ke Istana untuk menggelar jumpa pers seorang diri. fdl/P-4

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment