Koran Jakarta | November 20 2018
No Comments
Silaturahmi Samawi

Presiden Ingatkan Jangan Terpecah Belah karena Perbedaan Pilihan Politik

Presiden Ingatkan Jangan Terpecah Belah karena Perbedaan Pilihan Politik

Foto : ANTARA/Arif Firmansyah
Berikan Sambutan - Presiden Joko Widodo memberikan sambutan dalam “Halal Bihalal dan Silaturrahim Nasional Solidaritas Ulama Muda Jokowi (Samawi)” di Sentul, Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa (10/7).
A   A   A   Pengaturan Font

BOGOR - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri acara silaturahmi organisasi Solidaritas Ulama Muda Jokowi (Samawi) di Sentul International Convention Centre (SICC), Bogor, Jawa Barat, Selasa (10/7).

Dalam cara itu, Jokowi mengingatkan tentang pentingnya menjaga persatuan. “Jangan sampai terpecah karena perbedaan pilihan politik,” tegas Presiden Joko Widodo, di SICC Bogor, Jawa Barat, Selasa (10/7).


Di hadapan ribuan ulama muda tersebut, Jokowi juga mengingatkan tentang Indonesia yang memiliki berbagai agama, suku, dan bahasa daerah. Perbedaan tersebut merupakan anugerah dari Allah SWT yang harus terus dijaga.


“Penduduk kita sekarang ini ada 263 juta jiwa. Kita memiliki 714 suku, 1.100 lebih bahasa daerah. Inilah anugerah yang diberikan Allah SWT kepada bangsa kita Indonesia. Kita ini berbeda-beda, beragam, beda suku, agama, bahasa daerah, adat, tradisi,” kata Jokowi.


Jokowi menegaskan perbedaan tersebut merupakan aset bangsa yang harus terus dirawat. Masyarakat harus tetap menjaga ukhuwah islamiyah dan ukhuwah wathaniyah. Aset besar bangsa Indonesia adalah persaudaraan, kerukunan, persatuan. Allah menganugerahi negeri ini berbeda-beda, beragam, majemuk.


“Inilah yang banyak dikagumi oleh negara lain, terutama negara Islam. Betapa meski kita berbeda-beda adat, suku, tradisi, agama, tapi Indonesia tetap rukun, bersatu, hidup berdampingan. Inilah yang saya titip harus terus kita jaga,” kata Jokowi.


Dalam kesempatan itu, Jokowi juga mengingatkan bawa sebentar lagi kita akan memasuki tahun politik.

Dan tahun 2019 rangkaian pemilu termasuk pilpres akan dilaksanakan. Jokowi mengingatkan agar masyarakat menghargai setiap pilihan politik masing-masing. Jangan sampai perbedaan pilihan, termasuk pilihan Presiden RI membuat masyarakat menjadi terpecah.


Negeri ini akan rugi besar bila terpecah belah. Apalagi ke depan kita akan menghadapi tantangan yang besar, persaingan global. “Kompetisi global sudah ada di depan mata kita. Wong kita bersatu saja belum tentu bisa memenangkan kompetisi, apalagi kita tidak bersatu padu,” ujar Presiden.

Anak Muda


Samawi merupakan organisasi yang dibentuk oleh para anak muda dari berbagai latar belakang profesi dan organisasi Islam, sebagai wujud ijtihad dan ikhtiar politik sekaligus bentuk bakti kepada bangsa, agama, dan negara.


Sekretaris Jenderal Samawi, Aminuddin Ma’ruf, mengatakan kehadiran Presiden Jokowi dalam silaturahmi nasional Samawi ini memberikan semangat baru bagi organisasi ini untuk terus memperjuangkan tujuan dan cita-cita didirikannya organisasi ini.

Selain acara silaturahmi, Aminuddin mengatakan Samawi juga bakal menggelar deklarasi dukungan terhadap Jokowi dalam Pemilihan Presiden 2019. fdl/P-4

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment