Koran Jakarta | April 21 2019
No Comments
Organisasi Internasional

Presiden Bank Dunia yang Baru Diumumkan April

Presiden Bank Dunia yang Baru Diumumkan April

Foto : AFP/NICOLAS ASFOURI
Jim Yong-kim
A   A   A   Pengaturan Font

WASHINGTON DC – Dewan Bank Dunia pada Kamis (10/1) mengumumkan bahwa mereka akan menerima nominasi bagi presiden baru mereka pada awal bulan depan dan ketua yang baru untuk menggantikan Jim Yong-kim, akan diumumkan pada pertengahan April.

Proses pemilihan presiden baru Bank Dunia itu dilakukan setelah Kim pada Senin (7/1) lalu secara mendadak mengatakan akan mundur terhitung pada awal Februari, padahal masa jabatannya lima tahun keduanya, berakhir masih cukup lama.

“Dewan Bank Dunia melakukan pertemuan pada Rabu (9/1) dan sepakat akan memulai proses seleksi dan mengumumkan presiden baru saat pertemuan musim panas bank Dunia dan Dana Moneter Internasional (IMF) yang digelar mulai 12 hingga 14 April di Washington DC,” demikian pernyataan Dewan Bank Dunia.

Dalam proses seleksi diperkirakan akan muncul tiga kandidat yang diumumkan karena pendeknya periode waktu nominasi yaitu mulai 7 Februari hingga 14 Maret.

Berdasarkan kesepakatan tak tertulis pasca Perang Dunia II dengan Eropa, Bank Dunia akan selalu dipimpin oleh warga Amerika Serikat (AS), sementara warga Eropa akan selalu mengetuai IMF.

Tantangan Serius

Presiden baru Bank Dunia, akan mendapat tantangan serius karena Presiden AS, Donald Trump, tak terlalu mengurusi lembaga peminjam ini. Negara-negara berkembang juga telah meningkatkan tekanan pada lembaga ini dengan meminta agar ketua Bank Dunia yang baru berasal dari negara berkembang.

Terdapat 189 negara anggota Bank Dunia yang bisa mengajukan calon presiden baru Bank Dunia dari negara manapun, namun dewan Bank Dunia secara spesifik mensyaratkan agar siapapun calonnya harus menyokong visi bagi pendanaan pembangunan berkelanjutan (financing sustainable development).

Presiden Bank Dunia sebelumnya, Jim Yong-kim, terpilih pada 2012. Ia efektif melepaskan jabatannya terhitung 1 Februari agar bisa bergabung dengan sebuah firma swasta yang fokus pada program investasi di negara-negara berkembang.

Saat ini CEO Bank Dunia yang bernama Kristalina Georgieva menjabat sebagai pejabat sementara presiden Bank Dunia. AFP/I-1

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment