Koran Jakarta | April 29 2017
No Comments
Pembangunan Daerah

Presiden: Yogya Harus Fokus Kembangkan Industri Kreatif

Presiden: Yogya Harus Fokus Kembangkan Industri Kreatif

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meyakini bahwa Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) akan menjadi tempat berkembang pesatnya industri jasa dan kreatif. Terlebih, Yogyakarta sebagai daerah yang terkenal dengan sebutan kota pendidikan dan budaya. “Daerah-daerah yang tidak memiliki sumber daya alam yang berlimpah, seperti Daerah Istimewa Yogyakarta, justru harus fokus untuk mengembangkan sektor industri yang berbasis nonsumber daya alam seperti industri jasa dan industri kreatif,” kata Presiden Jokowi.

Hal tersebut disampaikan Presiden Jokowi saat memimpin rapat terbatas (ratas) mengenai Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional dan Program Prioritas Yogyakarta di Kantor Presiden, Jakarta, Kamis (20/4). “Saya yakin di masa yang akan datang, sektor industri jasa dan industri kreatif juga akan bisa menghasilkan lompatan kemajuan bagi perekonomian daerah karena sektor ini lebih mengandalkan inovasi teknologi,” sambung Presiden.

Oleh karena itu, Presiden Jokowi meminta pemerintah DIY untuk memberikan perhatian khusus pada pengembangan sektor industri tersebut. Bahkan, Presiden berpendapat bahwa kunci keberhasilan dari pengembangan industri jasa dan kreatif adalah keberanian untuk berinvestasi pada sumber daya manusia. ”Tentunya juga dilakukan bersamaan dengan pembangunan infrastruktur baik itu fisik, sosial dan budaya,” ucap Presiden. Dalam Ratas lain, Presiden meminta agar pembangunan infrastruktur pendukung transportasi di Provinsi Jambi untuk segera diselesaikan.

“Saya juga minta dilaporkan mengenai perkembangan pembangunan infrastruktur transportasi di Provinsi Jambi, baik bandara, jalur kereta api, akses jalan, dan pelabuhannya,” kata Presiden saat memimpin Ratas mengenai Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional dan Program Prioritas Provinsi Jambi. Menurut Presiden, hal itu penting sebagai sarana untuk membangun konektivitas antarwilayah menuju daerah lain. Terlebih perekonomian Provinsi Jambi terus meningkat dari tahun 2015 sebesar 4,2 persen dan di 2016 menjadi 4,47 persen. fdl/AR-3

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment