Koran Jakarta | October 14 2019
No Comments

Prayut Chan-Ocha Terpilih Jadi PM Thailand

Prayut Chan-Ocha Terpilih Jadi PM Thailand

Foto : AFP/Lillian SUWANRUMPHA
PM Terpilih l Perdana Menteri Prayut Chan-Ocha (tengah kanan) tiba di Gedung Pemerintahan di Bangkok, Thailand, pada Kamis (6/6). Pada pemungutan suara parlemen Rabu (5/6) malam, pemimpin junta Thailand ini terpilih sebagai PM sipil pertama sejak kudeta 2014.
A   A   A   Pengaturan Font

BANGKOK – Pemimpin junta Thailand, Prayut Chan-Ocha, pada Rabu (5/6) malam terpilih sebagai perdana menteri sipil pertama sejak kudeta 2014. Prayut menang dalam pemungutan suara oleh parlemen yang mayoritas diduduki oleh sekutu, bangsawan kerajaan, serta tentara.

“PM Prayut Chan-Ocha ingin seluruh warga untuk be­kerja sama dengannya untuk memajukan Thailand. PM Pr­ayut Chan-Ocha akan berupaya sekuat tenaga bagi negara, agama, monarki dan warga negaranya,” kata juru bicara pe­merintah, Letnan Jenderal Werachon Sukondhapatipak.

Prayut Chan-Ocha dengan mudah menyingkirkan pen­antang satu-satunya yaitu miliarder berusia 40 tahun yang karismatik bernama Thanathorn Juangroongruangkit, sete­lah berhasil meraih 500 suara di parlemen. Thanathorn da­lam pemungutan suara itu hanya berhasil mengumpulkan 244 suara saja.

Pemungutan suara oleh parlemen pada Rabu malam digelar setelah Thailand menggelar pemilu pada 24 Maret lalu. Hasil pemungutan suara parlemen tersebut dikritik oposisi yang terdiri dari 7 partai yang menyebut terpilihnya Prayut Chan-Ocha sebagai PM Thailand sebagai perpan­jangan tangan dan upaya legitimasi dominasi militer dalam pemerintahan sipil.  ang/AFP/ST/I-1

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment