Koran Jakarta | October 20 2018
No Comments
Smartphone

Ponsel Teknologi Hebat dengan Harga Bersahabat

Ponsel Teknologi Hebat dengan Harga Bersahabat

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

Harga selangit memang selalu menunjukan ponsel dengan teknologi termutakhir. Meski, belakangan banyak juga ponsel canggih bermodal minimal yang bisa Anda dapatkan di pasaran.

 

Setiap tahunnya berbagai vendor smartphone dari seluruh dunia tidak berhenti menciptakan perangkat baru, dengan segudang spesifikasi canggih bawaannya.

Terobosan teknologi smartphone terkini biasanya hadir di ponsel flagship, dan tentu dari segi harga sangat sulit dijangkau sebagian besar masyarakat karena harganya selangit.

Kendati demikian, untuk memiliki ponsel berteknologi mutakhir tidak selalu memiliki modal besar, karena belakangan banyak ponsel pintar harga bersahabat namun tetap memiliki keunggulan layaknya jajaran ponsel kelas atas, baik itu dari sisi spesifikasi bawaan, kamera, fitur sampai dengan bentuk smartphone yang menawan. Berikut beberapa rekomendasinya :

1. Xiaomi Pocophone F1

Belum lama ini Xiaomi meluncurkan Pocophone F1, yang diklaim sebagai ponsel terjangkau de- ngan teknologi mutakhir di dalamnya. Bisa dibayangkan dengan harga 4,6 jutaan rupiah ponsel ini sudah mengandalkan prosesor terbaik di pasaran saat ini, Snapdragon 845.

Pocophone F1 memiliki layar ukuran 6,18 inci dan resolusi FullHD+ (2246x1080 pixel). Smartphone ini memiliki rasio 18,7:9 dan menggunakan notch untuk tampilan layar yang lebih lega.

Dari sisi kameranya juga menarik, di mana Pocophone F1 memiliki dua kamera belakang, dengan resolusi 12 dan 5 megapixel. Kamera utamanya menggunakan sensor Sony IMX363 dengan ukuran pixel 1,4 mikron dan bukaan lensa f/1.9. Sedangkan kamera belakangnya memiliki resolusi 20 megapixel dengan bukaan f/2.0.

Pocophone F1 hadir dengan sistem operasi Android Oreo yang dilengkapi dengan MIUI 9.6 versi modifikasi. Sedangkan untuk penyimpanan data internal tersedia kapasitas sebesar 64GB dan 128GB. Jika dirasa kurang, tersedia slot penyimpanan eksternal hingga 256GB. Kapasitas baterai Pocophone F1 juga terbilang besar yaitu 4.000 mAh yang kompatibel dengan Quick Charge 3.0.

Dari semua keunggulan itu, ada yang menarik pada ponsel ini yaitu dilengkapi dengan LiquidCool Technology. Dengan teknologi ini ponsel tidak akan panas walaupun dipakai dalam waktu lama. Karena liquid cooling system diklaim dapat membantu proses transfer panas dari CPU 300 kali lebih cepat.

2. Asus ZenFone 5Z

Sama dengan Pocophone F1, ZenFone 5Z juga ditenagai dengan chip Snapdragon 845. Sehingga dari sisi kinerja akan lebih tinggi 99 persen dari perangkat lain. Lalu kinerja tertinggi ZenFone 5Z bisa diperoleh saat mengaktifkan ‘AI Boost’, yakni mode khusus untuk meningkatkan kinerja perangkat secara sementara, termasuk di benchmark. Pengolahan AI alias kecerdasan buatan ini termasuk salah satu poin kelebihan yang ditonjolkan di chip Snapdragon 845.

Ponsel yang dibandrol 6,7 juta rupiah ini memiliki RAM 6GB plus memori internal 128GB. Untuk spesifikasi lainnya, Zenfone 5Z membawa layar IPS Full HD berdiagonal 6.2 inci yang memiliki aspek rasio 18,7:9. Smartphone diotaki prosesor Qualcomm Snapdragon 845. Beberapa spesifikasi lainnya juga mencakup dual-camera belakang 12 plus 8 megapixel, kamera depan 8MP, speaker stereo, serta dibekali baterai 3300 mAh support Quick- Charg 3.0.

3. Nokia 6.1 Plus

Ponsel anyar satu ini mengusung layar 5,8 inci Full HD, dengan mengusung desain ‘poni’ alias notch di bagian atas layar. Kemudian ponsel dibekali chipset Qualcomm Snapdragon 636 terbaru. Kekuatan chipset membuatnya bisa bekerja 40 persen lebih cepat dari tipe sebelumnya.

Pada bagian mata lensa, Nokia 6.1 Plus menggunakan sensor ganda 16 MP dan 5 MP sehingga hasil foto lebih tajam. Kamera depan 16 MP juga bisa diandalkan bagi para penyuka selfie.

Yang menarik dari ponsel 3,4 jutaan rupiah ini ialah adanya fitur Bothies, di mana lensa ponsel terbagi menjadi dua untuk merekam objek dengan kamera depan dan kamera belakang secara bersamaan. “Bothies sangat seru, karena kita melihat tren media sosial menjadi gaya hidup sehari-hari, seperti Instagram Stories. Bothies dapat menambah pengalaman baru,” tutur Miranda Warokka, Marketing Head Nokia Indonesia, kemarin.

Selain itu, di dalam aplikasi kamera juga bisa diintegrasikan ke media sosial Facebook dan YouTube agar pengguna bisa langsung merekam video live dari kamera ponsel.

4. Oppo F9

Mengusung layar 6,3 inci, Oppo F9 diklaim sebagai salah satu ponsel dengan rasio screen-to-body terluas, yakni lebih dari 90 persen. Pada bagian atas tersemat poni kecil membungkus kamera depan.

Untuk spesifikasi, Oppo F9 menggunakan prosesor MediaTek Helio P60 sebagai dapur pacu yang dipadankan dengan dua varian RAM yakni 4GB dan 6GB. Media penyimpanan Oppo F9 berkapasitas 64 GB yang bisa diperbesar lewat MicroSD hingga 256 GB.

Pada bagian belakang terdapat kamera ganda dengan orientasi horizontal di sisi kiri ponsel. Kamera utama ponsel ini memiliki besaran 16 megapiksel sedangkan kamera sekunder ukurannya sebatas 2 megapiksel.

Oppo F9 sendiri sudah berjalan dengan sistem operasi Android 8.1 Oreo dengan modifikasi yang khas, yakni Color OS 5.2. Ponsel ini ditenagai baterai berkapasitas 3.500 mAh. Bagi yang tertarik harga jual ponsel ini sekitar 4,2 jutaan rupiah.

 

Perkuat Bisnis UMKM

PT Infinys System Indonesia hari ini meluncurkan produk terbaru dari layanan komputasi awan CloudKilat, yakni Kilat VM 2.0 dan Infinyscloud. Layanan komputasi awan ini diklaim memiliki performa kelas dunia.

Untuk diketahui, komputasi awan adalah suatu konsep umum yang mencakup SaaS, Web 2.0, dan tren teknologi terbaru lain yang dikenal luas, dengan tema umum berupa ketergantungan terhadap internet untuk memberikan kebutuhan komputasi pengguna. Sebagai contoh pengembangan dari teknologi Cloud Computing ini adalah iCloud. “Ini hadir karena kebutuhan dari performa, kecepatan, serta harga yang lebih terjangkau,” kata Direktur PT Infinys System Indonesia, Louis Larry, di Agro Plaza, Jakarta Selatan, belum lama ini.

Lebih lanjut, CloudKilat sebelumnya pernah diluncurkan pada September 2013 dan digunakan dalam berbagai area industri di Indonesia. Menurut Sales & Marketing Manager Infinys Indonesia, Bachtiar Rifai Kilat VM 2.0 ini adalah perubahan dari versi sebelumnya yang mengalami peningkatan lebih cepat, fleksibel dan teknikal yang lebih baik.

koran jakarta/imantoko

Sementara itu, dia menyebutkan pasar yang dituju versi ini adalah Web Developers, start up company, dan usaha mikro, kecil, menengah (UMKM). “Go-Jek sempat mencoba hosting di VM CloudKilat kita selama setahun. Cukup bangga ikut membesarkan Go-Jek, itu salah satu kisah kita di kelas pasar start up,” tuturnya.

Mengingat target di UMKM dan start up, Infinys pun menyesuaikan harga yang pas untuk calon pelanggan mereka. Mereka menawarkan harga dari 70 ribu rupiah per bulan bagi para calon pengguna mereka.

Selain meluncurkan CloudKilat, Infinys juga memperkenalkan Infinyscloud yang menyasar konsumen enterprise. Sistem ini memiliki 4 manfaat, yakni full managed service, flexible biling, pre-assessment, dan deep technical consultation.

 

ima/R-1

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment