Koran Jakarta | June 18 2019
No Comments
Gadget Mania

Ponsel Pintar Hebat dengan Harga Bersahabat

Ponsel Pintar Hebat dengan Harga Bersahabat

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

Ponsel harga terjangkau menjadi jawaban tersendiri bagi konsumen, disaat memerlukan perangkat yang memadai sesuai kebutuhan.

Ada harga ada kualitas? Jargon itu memang benar adanya, tapi untuk smartphone, rasanya tidak selalu benar. Faktanya, saat ini ponsel kelas menen­gah harga terjangkau memiliki kualitas yang memuaskan.

Salah satu ponsel pintar yang direko­mendasikan ialah Infinix Hot 6X. Pas­alnya di samping dijual dengan harga terjangkau, sekitar 1,5 jutaan rupiah, ponsel ini ditenagai chipset Qualcomm Snapdragon 425 yang memiliki pros­esor quadcore 1.4 GHz Cortex-A53 dan GPU Adreno 308. Sedangkan untuk konfigurasi memori terdapat pilihan 2GB RAM + 16 GB penyimpanan dan 3GB RAM + 32 GB (dibanderol 1,9 juta­an rupiah). Lalu untuk penyimpanan internal masih dapat diperluas hingga 128 GB menggunakan microSD.

Daya tarik dari smartphone besutan pabrikan Hongkong ini memiliki bezel tipis sehingga ukuran ponsel bisa lebih ringkas kendati layarnya mencapai 6,2 inci dengan rasio 19:9 guna menemani pengguna baik saat menonton video, ber­main game, membaca hingga melakukan aktivitas lainnya melalui HOT 6X.

HOT 6X dengan balutan casing ber­bahan polikarbonat ini memiliki tingkat kecerahan layar mencapai 500 nit dan kontras rasio hingga 1500:1. Pening­katan rasio layar ini hingga 87 persen dibanding saudaranya yaitu HOT 6 Pro.

Pada bagian kamera, tersemat dua bidikan berjajar di bagian belakang smartphone. Begitu pun bagian kamera depan, terselip titik kecil lensa di ten­gah poni kecil.

Pada kamera Hot 6X memiliki res­olusi kamera utama dengan teknologi dual camera 13MP + 2MP with PDAF dan mampu menghasilkan bokeh yang halus tanpa mengganggu objek pada hasil dual camera Infinix HOT 6X lay­aknya kamera profesional.

Begitu pula dengan kamera depan dengan resolusi sebesar 8MP yang tentunya terintegrasi dengan teknologi AI Low light selfie 4-in-1 yang mampu mendukung kegiatan selfie dalam kondisi apapun.

Selain itu, smartphone ini juga menggunakan sistem keamanan kekin­ian melalui teknologi Finger Print yang akurat dan Face Unlock yang mampu mendeteksi hingga 1024 titik pada wajah pengguna. Prosesnya pun lebih cepat, cukup dengan dengan memba­likkan layar.

Satu lagi, segi ketahanan baterai Hot 6X memiliki kapasitas 4.000 mAh yang mampu bertahan hingga 2 hari tanpa perlu khawatir daya cepat terkuras. ima/R-1

Pesaing Lain sebagai Pertimbangan

Kejelian memang diperlukan untuk memboyong ponsel murah kualitas premium. Selain HOT 6X beberapa ponsel pinter berikut bisa jadi pertim­bangan lain.

  1. Honor 8A

Hasil gambar untuk Honor 8A

Rilis pada awal 2019 smartphone dari keluarga Huawei ini merupakan smartphone yang cukup ideal bagi kantong berbudget Rp1 jutaan. Untuk spesifikasi, smart­phone ini mengu­sung penggunaan prosesor Octa-core (4x2.3 GHz Cortex-A53 & 4x1.8 GHz Cortex-A53), memori RAM 3 GB, memori internal 32/64 GB, kamera depan 8 MP, kamera belakang 13 MP, serta memiliki baterai berkapasitas 3.020 mAh. Untuk harganya, Honor 8A ini dibanderol dengan harga sekitar 1,8 juta rupiah.

  1. Asus Zenfone Max M2

Hasil gambar untuk Asus Zenfone Max M2

 

Salah satu ponsel andalan Asus ini disokong SoC (System on Chip) Qualcomm Snapdragon 632 SDM 632, prosesor octa-core Kryo 250 kecepatan 1,8GHz dipadukan dengan memori RAM sebesar 3GB atau 4GB, serta diperkuat grafis mumpuni dari GPU (Graphics Processing Unit) Adreno 506 yang powerful. Dengan spesifikasi itu, pon­sel yang dijual mulai dari 2 jutaan rupiah ini dipastikan tidak gampang lemot ketika membuka ban­yak aplikasi atau bermain game.

  1. Realme 2

Dibekali dengan spesifikasi yang lumayan mumpuni dan desain tampilan paling terkini, smartphone ini dibanderol dengan harga sekitar 1,8 jutaan rupiah Untuk spesifika­si, smartphone ini mengusung penggunaan prosesor Octa-core 1.8 GHz Cortex-A53, memori RAM 3/4 GB, memori internal 32/64 GB, kamera depan 8 MP, kamera belakang Dual 13 + 2 MP, serta memiliki baterai berkapasi­tas 4.230 mAh. ima/R-1

Solusi Keamanan Siber Perusahaan

Pada kesempatan berbeda, Trend Micro sebagai salah satu perusahaan ke­amanan cyber terkemuka secara resmi memperkenalkan produk terbaru yang diberi nama Apex One. Produk baru Trend Micro ini diklaim sebagai solusi keamanan maksimal untuk perusahaan yang ingin mengembang­kan bisnis digital dengan memanfaatkan teknologi lain seperti Cloud. Meski perkem­bangan teknologi saat ini sudah semakin canggih, beberapa perusahaan ternyata masih banyak yang ragu dan khawatir untuk ber­pindah ke bisnis digital. Beragam alasan pun terlontar dan yang paling banyak dikhawatir­kan adalah keamanannya.

Menurut data yang dihimpun Trend Micro, teknologi cloud saat ini sudah menjadi ke­butuhan primer bagi perusahaan yang ingin mengembangkan bisnis digitalnya. “Tidak dipungkiri, banyak konsumen hingga saat ini masih meragukan cloud. Bahkan tercatat ada sekitar 80 persen perusahaan yang enggan memanfaatkan cloud karena tidak memiliki sistem keamanan yang baik sehingga kha­watir akan ancaman cyber yang datang,” ujar Laksana Budiwiyono, Country Manager Trend Micro Indonesia.

Dengan melihat potensi yang ada, Trend Micro pun menghadirkan solusi keamanan cyber yang lebih maksimal melalui Trend Mi­cro Apex One. “Solusi keamanan terbaru kami ini memiliki pengembangan teknologi yang dapat menjawab berbagai masalah keamanan endpoint yang dihadapi industri TI saat ini. Apex One bisa dikatakan menjadi pilihan yang tepat untuk berbagai macam bisnis yang ingin beralih dari sistem tradisional Anti-Virus atau yang sedang menjalani kesulitan dalam menjalankan sistem keamanan yang rumit,” ungkapnya.

Trend Micro Apex One memiliki dua keunggulan solusi keamanan di antaranya Sistem Keamanan XGen dan EDR (Endpoint Detection and Response). Trend Micro Apex One dibangung di atas sistem keamanan XGen yang memiliki fungsi lintas generasi pertahan­an yang cerdas. Fungsi dari sistem EDR pada Apex One ini dapat terhubung ke layanan Managed Detection and Response (MDR) Trend Micro yang dapat memantau ancaman virus dan memberikan peringatan secara cepat kepada tim di sebuah perusahaan.

Selain itu, Apex One juga menawarkan berbagai solusi dalam satu sistem keamanan, sementara banyaknya sistem keamanan yang ada hanya menawarkan dua atau lebih. Secara khusus, Apex One EDR yang inovatif memberikan alat deteksi dan respons oto­matis, menyederhanakan penempatan dan menjamin informasi tersampaikan dengan benar.

Secara keseluruhan, beberapa keunggulan utama pada Trend Micro Apex One ini mem­berikan peluang pertumbuhan bisnis bagi pe­rusahaan yang menginginkan solusi keaman­an yang bernilai tinggi dan dapat memenuhi kebutuhan keamanan perusahaan. ima/R-1

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment