Koran Jakarta | May 21 2019
No Comments
Bantuan Sosial

Polri Kawal Penyaluran Bansos agar Tepat Sasaran

Polri Kawal Penyaluran Bansos agar Tepat Sasaran

Foto : ISTIMEWA
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – Kementerian So­sial bekerja sama dengan Polri untuk mengawal penyaluran bantuan sosial. Ini dilakukan agar penyaluran bansos men­capai sasaran 6T yakni, tepat sasaran, tepat waktu, tepat jumlah, tepat harga, tepat kua­litas, dan tepat administrasi.

“Ada kesepahaman Ke­mensos-Polri bahwa program pemerintah, khususnya ban­tuan sosial, harus mendapat perhatian secara khsusus agar program ini tepat sasaran,” kata Menteri Sosial, Agus Gu­miwang Kartasasmita, usai menandatangani nota kese­pahaman tentang pengawalan penyaluran bansos PKH den­gan Kopolri Jenderal Tito Kar­navian, di Jakarta, Jumat (11/1).

Melalui nota kesepahaman tersebut, kata Agus, menegas­kan komitmen dan ikhtiar pemerintah untuk mewujud­kan tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih khusus­nya dalam pelaksanaan penya­luran bantuan sosial.

Kemensos, lanjut Agus, dari tahun ke tahun memiliki tang­gung jawab yang semakin besar seiring semakin meningkatnya jumlah anggaran bantuan so­sial melalui Program Keluarga Harapan (PKH). Secara keselu­ruhan, bantuan sosial yang di­anggarkan melalui Kemensos pada 2019 sebesar 54,3 triliun rupiah atau bertambah sekitar 38,8 persen dari jumlah ang­garan bansos 2018 yang 39,1 triliun rupiah.

Mensos mengatakan ke­naikan anggaran bantuan sos­ial merupakan bukti komitmen dan perhatian besar Presiden Jokowi terhadap agenda me­merangi kemiskinan dan ketimpangan di tengah ma­syarakat dan memberikan perlindungan sosial bagi para penyandang masalah kese­jahteraan sosial.

Untuk itu, Kemensos memi­liki kewajiban menjaga komit­men tersebut dengan memba­ngun tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih, termasuk di dalamnya tata kelola penya­luran bantuan sosial, katanya.

Kapolri Jenderal Tito Karna­vian menegaskan ada tiga hal penting yang harus menjadi penekanan dari lahirnya kerja sama ini. Pertama, peningka­tan anggaran bansos oleh Pres­iden kepada masyarakat meru­pakan bukti keseriusan dalam memperhatikan rakyat.

Kedua, ada keseriusan dan kesungguhan dari Mensos un­tuk mengeksekusi pelaksanaan penyaluran bansos dengan se­baik-baiknya sehingga meng­gandeng Komisi VIII DPR den­gan Polri untuk mengawasi.

Jabar Mendukung

Sementara itu, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, mengatakan Pemerintah Pro­vinsi Jawa Barat bersama Ke­polisian Daerah Jawa Barat siap mendorong dan melakukan pengawalan penyaluran ban­tuan sosial.

“Jadi, saya bersama Pak Ka­polda memastikan bantuan sosial ini sampai tepat sasaran, tepat waktu, tepat jumlah, me­lalui pengawalan kepolisian,” ujar Ridwan Kamil. ang/tgh/E-3

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment