Koran Jakarta | November 19 2019
No Comments
Pembunuhan Pejabat

Polisi Profesional dalam Penyidikan Kasus Kivlan Zein

Polisi Profesional dalam Penyidikan Kasus Kivlan Zein

Foto : ANTARA/INDRIANTO EKO SUWARSO
DIPERIKSA POLISI - Tersangka kasus dugaan kepemilikan senjata api ilegal Kivlan Zen berjalan dengan kawalan petugas kepolisian seusai menjalani pemeriksaan di Ditreskrimum Polda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (19/6).
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri, Brigjen (Pol) Dedi Prasetyo, menegaskan polisi telah melakukan penyidikan secara profesional terkait kasus yang menyandung Mayor Jenderal (Purn) Kivlan Zen.

Dedi menanggapi pernyataan Kivlan yang merasa difitnah tentang keterlibatan­nya dalam penerimaan dana kasus dugaan rencana pembunuhan terhadap empat pejabat tinggi negara dengan tersangka Habil Marati (HM).

“Dalam hal ini, Polri tetap profesional melakukan proses penyidikan yang dilakukan selama ini,” ungkap Dedi di Gedung Humas Mabes Polri, Jakarta Selatan, Rabu (19/6).

Ia menuturkan bahwa pe­nyidik tidak hanya menggali keterangan tersangka untuk mencari fakta hukum. Menu­rut Dedi, polisi telah meminta keterangan saksi hingga mendalami petunjuk yang ada.

“Polri sesuai dengan 148 KUHP dalam pembuktian, tidak hanya menggali keterangan tersangka, itu urutan kelima. Polri juga meng­gali alat bukti-bukti yang lain baik berupa keterangan saksi, keterangan saksi ahli, bukti petunjuk dan surat. Itu semua didalami oleh penyi­dik,” ujarnya.

Jika tidak mengakui per­buatannya, Dedi mengatakan bahwa hal tersebut merupakan hak konstitusional seorang ter­sangka. Nantinya, hal itu juga akan dibuktikan melalui proses persidangan di pengadilan.

“Kalau misalkan tersangka tidak mengakui perbuatan­nya, itu merupakan hak konstitusional yang bersangkutan. Itu nanti juga akan dibuktikan dalam proses persidangan pengadilan secara transpar­an, terbuka dan jurdil. Silakan,” kata Dedi. jon/P-4

Klik untuk print artikel
No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment