Koran Jakarta | November 12 2019
No Comments
LINTAS NEGARA

Polisi Prancis Bentrok dengan Demonstran Rompi Kuning

Polisi Prancis Bentrok dengan Demonstran Rompi Kuning

Foto : AFP/ZAKARIA ABDELKAFI
MASIH UNJUK RASA | Seorang demonstran Rompi Kuning melakukan aksi unjuk rasa di depan Toserba Galeries Lafayette di Paris, Prancis, pada 28 September lalu. Aksi protes antipemerintah yang dimulai pada November tahun lalu itu masih berlangsung hingga Sabtu (12/10) lalu di beberapa kota di Prancis.
A   A   A   Pengaturan Font

TOULOUSE – Aparat keamanan kembali baku hantam dengan kelompok demonstran Rompi Kuning setelah poli­si menembakkan gas air mata untuk membubarkan pawai damai yang diikuti ribuan pemrotes di Kota Toulouse pa­da Sabtu (12/10).

“Aksi damai berakhir seketika saat asap tebal gas air ma­ta menyebar di jalanan utama Kota Toulouse. Demonstran pun terpisah jadi kelompok-kelompok kecil,” demikian laporan pandangan mata dari jurnalis AFP.

Sebelumnya otoritas kota telah melarang massa untuk berunjuk rasa di alun-alun utama yang berada di depan ba­laikota di Toulouse. Akibat bentrokan itu, polisi menahan 17 orang dengan tindak pelanggaran hukum yang beragam.

Toulouse dikenal sebagai markas dari gerakan Rompi Kuning dan di kota ini menyaksikan bentrokan antara poli­si dan demonstran pada beberapa pekan belakangan. Se­lain di Toulouse, aksi unjuk rasa Rompi Kuning juga terjadi di Kota Metz, Lille, dan di Paris.

Aksi unjuk rasa Rompi Kuning dimulai sejak November tahun lalu. Demonstran hingga ini masih turun ke jalan karena menganggap Presiden Prancis, Emmanuel Macron, dinilai masih menyepelekan kebutuhan warga miskin. SB/AFP/I-1

Klik untuk print artikel
No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment