Koran Jakarta | December 17 2018
No Comments
Kekerasan Sepak Bola l Tindak Tegas Pelaku Pengeroyokan

Polisi Antisipasi Balas Dendam Suporter Jakmania

Polisi Antisipasi Balas Dendam Suporter Jakmania

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

Semua pihak meminta kepolisian untuk mengusut tuntas kekerasan di sepak bola yang menewaskan Haringga.

 

JAKARTA - Polda Metro Jaya mengantisipasi potensi aksi balas dendam maupun penyisiran yang dilakukan pendukung Tim Persija (Jakmania) terhadap kendaraan asal Bandung, Jawa Barat.

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Argo Yuwono, di Jakarta, Senin (24/9), mengatakan Polda Metro Jaya telah berkoordinasi dengan pimpinan suporter Persija.

“Kita sudah berkoordinasi dengan ketua suporter dan memberikan kesempatan kepada Polrestabes Bandung untuk memproses kasus itu,” kata Argo.

Argo mengimbau suporter Persija tidak menyisir atau sweeping terhadap kendaraan asal Bandung, serta pendukung Persib atau Bobotoh. Argo menegaskan foto viral oknum Jakmania yang sweeping di jalan merupakan informasi hoax.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, menegaskan harus ada penindakan tegas pada pelaku penganiayaan. “Kita dukung penyelidikan penuh dan penindakan tegas di jalur hukum. Untuk itu, kami minta seluruh Jakmania tetap tenang,” ujarnya.

Secara terpisah, anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPRD) DKI Jakarta, Veri Yonevil, mendesak Polri mengusut tuntas kasus pengeroyokan yang mengakibatkan seorang pendukung klub sepak bola Persija, Haringga Sirila, tewas di Bandung, Jabar, pada Minggu( 23/9).

“Pihak keamanan harus mengusut tuntas dan cepat kejadian itu karena akan berefek sangat besar apabila lama diusut,” ujarnya.

Veri menambahkan, sebenarnya kejadian telah diantisipasi dengan melarang pendukung Persija untuk datang menonton pertandingan di Bandung, Jawa Barat.

Bahkan, kelurahan dan kecamatan telah bersedia untuk memfasilitasi Jakmania untuk menonton pertandingan sepak bola sama-sama (nobar).

Namun, imbauan itu dielakkan sehingga mengakibatkan kejadian nahas hingga menewaskan pemuda yang bermukim di Cengkareng Timur, Jakarta Barat, tersebut

Veri menilai pihak penyelenggara juga harus bertanggung jawab atas peristiwa pengeroyokan sebab berdasarkan video yang beredar, tidak adanya pihak keamanan yang bertindak saat pengeroyokan terjadi. “Pelaku harus dihukum seberat-beratnya,” kata Veri.

Sebelumnya, Haringga tewas dengan luka parah di sekujur tubuh usai dikeroyok oleh Bobotoh atau penggemar Persib ketika akan berlangsung pertandingan antara Persib Bandung melawan Persija di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Bandung pada Minggu (23/9).

Polisi telah menahan enam orang yang diduga sebagai pelaku pengeroyokan beserta sejumlah barang bukti dan beberapa saksi dimintai keterangan.

 

Ant/P-5

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment