Koran Jakarta | November 19 2019
No Comments

PM Papua Nugini Mundur

PM Papua Nugini Mundur

Foto : AFP/ GORETHY KENNETH
Mengundurkan Diri l PM Papua Nugini, Peter O’Neil (kanan), didampingi Julius Chan (kiri) dalam sebuah pertemuan di Port Moresby, Minggu (26/5). PM O’Neill kemarin menyerahkan tampuk kekuasaan pada Julius Chan, mantan PM Papua Nugini periode 1980-1982 dan 1994-1997.
A   A   A   Pengaturan Font

PORT MORESBY – Perdana Menteri Papua Nugini, Peter O’Neill, dilaporkan pada Minggu (26/5) telah mengundur­kan diri dari jabatannya. O’Neill mundur setelah sejumlah anggota kabinet mundur sehingga mengancam kepemim­pinannya.

“Kami sepakat untuk mengubah arah dimana kepemim­pinan pemerintahan dialihkan pada Julius Chan, man­tan pemimpin dan pendiri negara,” O’Neill, 54 tahun, saat mengumumkan pengunduran dirinya.

Sebelum mundur, PM O’Neill lolos dari mosi tak percaya yang digelar awal tahun ini setelah menteri pertahanan, ke­sehatan dan kehutanan, mundur. PM Papua Nugini itu pun saat ini berada dalam tekanan untuk meneken kesepakat­an proyek gas alam cair dengan perusahaan Total dan Exx­onMobil.

Era kepemimpinan O’Neill mengalami sejumlah kesulit­an karena terpecahnya politik, korupsi yang merajalela, ke­jahatan, krisis utang, serta angka kemiskinan yang termasuk salah satu yang tertinggi di dunia. AFP/I-1

Klik untuk print artikel
No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment