Koran Jakarta | August 24 2019
No Comments

Platini Bantah Bersalah Terkait Piala Dunia 2022

Platini Bantah Bersalah Terkait Piala Dunia 2022

Foto : AFP/ZAKARIA ABDELKAFI
A   A   A   Pengaturan Font

NANTERRE- Mantan ketua UEFA yang telah dijatuhi sanksi, Michel Platini dibebas­kan dari tahanan pada Rabu (19/6) setelah berjam-jam diperiksa terkait penyelidikan dugaan korupsi atas pemberian tuan rumah Piala Dunia 2022 kepada Qatar.

Legenda sepak bola Prancis yang memi­mpin federasi sepak bola Eropa dari 2007 hingga 2015 diperiksa pada Selasa oleh polisi anti-korupsi Prancis. Pemeriksaan itu terkait dugaan korupsi dalam pemungutan suara yang berlangsung pada 2010 untuk menun­juk Qatar sebagai tuan rumah Piala Dunia.

Dia membantah melakukan kesalahan dan pernyataan dari perwakilannya menga­takan Platini tidak mengetahui fakta-fakta dari kasus tersebut. Pengacara Platini Wil­liam Bourdon mengatakan dia telah dibebas­kan tanpa tuduhan apapun.

Platini yang kini berusia 63 tahun mening­galkan kantor polisi anti-korupsi di Nanterre, pinggiran barat Paris. “Pemeriksaan berjalan panjang karena harus menjawab sejumlah pertanyaan, itu panjang, karena saya ditanya tentang Piala Eropa 2016, Piala Dunia di Ru­sia, Piala Dunia di Qatar dan FIFA,” ujarnya.

Keputusan untuk menunjuk Qatar sebagai tuan rumah Piala Dunia 2022 memicu tudu­han korupsi yang akhirnya memicu skandal terburuk FIFA.

Kantor Penuntut Kejahatan Keuangan Prancis (PNF) membuka penyelidikan awal pada 2016 terhadap dugaan korupsi dan konspirasi. ben/AFP/S-2

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment